Tata Cara Pengiriman Berkas Lamaran CPNS Kemenkumham

Tata Cara Pengiriman Berkas Lamaran CPNS Kemenkumham 2017 - Tahun 2017 ini sebagaimana gosip yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa Kementerian Hukum dan HAM kembali membuka kesempatan bagi putra putri Indonesia baik itu lulusan S1, D3 maupun SMA Sederajat untuk menjadi Aparatur Sipil Negara.

Ada aneka macam posisi yang dibutuhkan Kemenkumham tahun ini, dan dari kesekian posisi yang dibutuhkan, posisi sebagai Penjaga Tahanan (Sipir) ialah posisi paling banyak peminatnya, hal ini dikarenakan kualifikasi pendidikan yang disyaratkan untuk mendaftar pada posisi ini ialah lulusan SLTA/Sederajat. Makara sangat banyak lulusan-lulusan SMA yang mendaftarkan diri menjadi CPNS Sipir tahun ini, dan kebanyakan dari mereka masih sangat awam dalam hal pendaftaran atau pengiriman berkas lamaran, sehingga tidak jarang terdapat kekeliruan.

Tata

Saya sebagai admin www. juga sudah sangat sering mendapat pertanyaan dari calon-calon peserta CPNS ihwal bagaimana tata cara pendaftaran online CPNS Kemenkumham 2017 hingga tata cara pengiriman berkas lamaran CPNS Kemenkumham Tahun 2017. Selain itu ada juga beberapa orang yang sempat panik alasannya salah dalam pengiriman berkas lamaran, sehingga mereka takut nantinya tidak akan lolos dalam tahapan seleksi administrasi. Padahal segala prosedur tata cara pendaftaran hingga penyampaian berkas lamaran sudah dipublikasikan lengkap di https://sscn.bkn.go.id. Namun masih saja ada para pelamar yang masih kebingungan baik mengenai apa saja berkas yang harus dikirim, bagaimana cara mendaftar online CPNS Kemenkumham 2017 hingga kemana berkas tersebut dikirimkan. Nah untuk itu pada kesempatan ini admin akan membagikan gosip ihwal tata cara pengiriman berkas CPNS Kemenkumham tahun 2017.

Tata Cara Pengiriman Berkas Lamaran CPNS Kemenkumham 2017 untuk Pelamar Dengan Kualifikasi Pendidikan Dokter Spesialis, Dokter Umum, dan S1

Bagi anda yang kualifikasi Pendidikan Dokter Spesialis, Dokter Umum dan S1, maka anda tidak lagi diharapkan untuk melaksanakan pengiriman berkas ke PO BOX, anda cukup melaksanakan pendaftaran secara online, kemudian mengirimkan berkas secara online saja (unggah dokumen) yang diminta dan selanjutnya mencetak nomor pendaftaran. Dokumen unggahan inilah yang nantinya akan di verifikasi oleh panitia seleksi untuk menentukan lulus tidaknya anda dalam tahapan seleksi administrasi.

Tata Cara Pengiriman Berkas Lamaran CPNS Kemenkumham 2017 untuk Pelamar dengan Kualifikasi Pendidikan D-III dan SLTA

Bagi anda yang kualifikasi pendidikan D3 dan SMA/Sederajat, anda wajib melaksanakan pengiriman berkas lamaran anda ke PO BOX sesuai dengan dengan wilayah anda. Adapun berkas-berkas yang dikirim ialah sebagai berikut:
  1. Surat Lamaran yang diketik menggunakan komputer yang ditujukan kepada Menteri Hukum dan HAM di Jakarta dan dibubuhkan Materai Rp. 6000,- dan ditandatangani dengan pena tinta hitam. Surat lamaran mampu diunduh DISINI.
  2. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan bagi yang belum mempunyai KTP diharuskan untuk membuat Surat Keterangan Telah Melakukan Rekaman Kependudukan yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).
  3. Apabila domisili pelamar tidak sesuai dengan alamat pada KTP, maka pelamar harus membuat Surat Keterangan dari Lurah/Kepala Desa yang menyatakan bahwa pelamar telah berdomisili ditempat tersebut minimal 1 tahun.
  4. Fotocopy Ijazah/STTB dan Daftar Nilai pada Ijazah/STTB
  5. Fotocopy Ijazah SD, SLTP dan SLTA sebagai bukti pelamar menamatkan sekolah di wilayah Papua dan Papua Barat ataupun asli surat keterangan dari kelurahan/kepala desa yang isinya mengambarkan bahwa pelamar bersangkutan ialah asli dari Papua dan berdasarkan garis keturunan orang renta (Bapak) asli Papua Khusus bagi pelamar jabatan Penjaga Tahanan dari Kriteria pelamar Putra/Putri Papua dan Papua Barat.
  6. Surat Pernyataan yang diketik dengan komputer, dibubuhkan Materai Rp. 6000,- dan ditandatangani oleh pelamar dengan pena warna hitam. Format surat pernyataan dapat diunduh DISINI.
  7. Pas photo terbaru berlatar belakang warna merah berukuran 3x4 sebanyak 4 lembar
  8. Lembar bukti pendaftaran yang dicetak dari laman https://sscn.bkn.go.id.

Semua berkas-berkas lamaran tersebut kemudian dikirmkan melalui PO BOX dari masing-masing wilayah sesuai dengan daerah tinggal/alamat/domisili anda. Daftar alamat PO BOX Kantor Wilayah Seleksi CPNS Kemenkumham 2017 dapat dilihat DISINI.

Setelah berkas lamaran CPNS Kemenkumham 2017 ini dikirmkan, maka selanjutnya anda tinggal menunggu pengumuman hasil seleksi manajemen CPNS Kemenkumham Tahun 2017. Pengumuman nantinya akan diumumkan di laman resmi cpns.kemenkumham.go.id pada tanggal 5 September 2017.

Sebelum pengumuman hasil seleksi manajemen tersebut dikeluarkan, ada baiknya anda mulai dari sekarang untuk mempersiapkan diri anda dalam menghadapi ujian tes CPNS CAT nanti. Sebagaimana yang terdapat dalam pengumuman penerimaan CPNS Kemenkumham Tahun Anggaran 2017, bahwa pelaksanaan ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Kemenkumham 2017 menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Maka bagi anda yang masih belum tahu bagaimana menggunakan Aplikasi CAT ini, dan ingin mengetahui bagimana bentuk-bentuk soal CPNS khususnya untuk Tes SKD, maka kami sangat menyarankan untuk mendaftarkan diri anda DISINI.

Demikianlah gosip tata cara pengiriman berkas lamaran CPNS Kemenkumham 2017 yang dapat admin informasikan. Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda semua, khususnya bagi anda yang belum tahu bagaimana cara mengirim berkas lamaran CPNS Kemenkumham tahun 2017. Terima kasih sudah berkunjung dan agar anda lulus dalam seleksi nanti.

Silahkan baca juga:
Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kemenkumham 2017
Daftar Alamat PO BOX Kantor Wilayah Seleksi CPNS Kemenkumham 2017
Upload Dokumen di SSCN Error? Ini Dia Solusinya
Previous
Next Post »