Definisi, Ciri, Manfaat Model Pembelajaran Kooperatif

Definisi model pembelajaran kooperatif, ciri-ciri model pembelajaran kooperatif dan manfaat model pembelajaran kooperatif yaitu tiga pokok pembahasan bahan pelajaran psikologi yang akan dijelaskan dengan lengkap dan detail pada materi belajar berikut ini. Adapun sub pembahasan mengenai Model Pembelajaran Kooperatif menurut para andal didalam berguru pendidikan psikologi yang akan diuraikan yakni sebagai berikut :

1. Pengertian model pembelajaran kooperatif.
2. Teori konsep model pembelajaran kooperatif.
3. Pengertian tujuan belajar.
4. Ciri-ciri model pembelajaran kooperatif.
5. Manfaat model pembelajaran kooperatif.

Pengertian model pembelajaran kooperatif

Pembelajaran kooperatif adalah salah satu metode atau model pembelajaran yang bisa digunakan oleh guru. Dengan kata lain bahwa pembelajaran kooperatif yaitu suatu proses pengajaran yang mana para siswa diajarkan (kondisikan) untuk dapat bekerja kedalam kelompok-kelompok yang kecil dan kelompok tersebut bersifat heterogen serta dengan saling sesungguhnya antara siswa yang satu dengan siswa yang lain dalam mempelajari materi-materi pelajaran yang diberikan.
Definisi, Ciri, Manfaat Model Pembelajaran Kooperatif
Baca juga : Pengertian Belajar Dan Pembelajaran Menurut Ahli/Pakar
Adapun struktur kelompok yang terdapat pada metode pembelajaran kooperatif yaitu heterogen. Kemudian pada kelompok heterogen tersebut bisa terdiri berdasarkan dari :

1. Campuran latar belakang kemampuan akademik.
2. Jenis kelamin.
3. Suku.
4. Ras.

Hal tersebut berkhasiat semoga siswa bisa mendapatkan perbedaan dan juga bisa bekerja sama pada sahabat yang berbeda latar belakang. Oleh alasannya yaitu itu, metode atau model pembelajaran kooperatif mempunyai aneka macam kegunaan, baik itu manfaat untuk guru maupun manfaat untuk siswa.

Teori konsep model pembelajaran kooperatif

Berikut ini yaitu teori konsep model pembelajaran kooperatif menurut beberapa para ahli yang dapat diuraikan dan dijelaskan sebagai berikut :

Pengertian model pembelajaran kooperatif menurut Hamdani (2011:30) yang menyatakan bahwa model pembelajaran kooperatif yaitu rangkaian aktivitas berguru siswa dalam kelompok tertentu untuk mencapai tujuan pembelajaran yang dirumuskan.

Kemudian definisi model pembelajaran kooperatif menurut Nurhadi (2004:112) mengatakan bahwa pembelajaran kooperatif yaitu pendekatan pembelajaran yang berfokus pada penggunaan kelompok kecil siswa untuk bekerja sama dalam memaksimalkan kondisi berguru guna mencapai tujuan belajar.
Baca juga : Definisi Model Dan Pendekatan Pembelajaran Menurut Para Ahli/Pakar

Pengertian tujuan belajar

Tujuan berguru adalah suatu keadaan dimana keadaan tersebut menjadi sesuatu yang ingin diraih atau dicapai oleh satuan pendidikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tujuan berguru merupakan arah yang dituju atau arah yang di inginkan oleh satuan pendidikan. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai tujuan dari belajar, dapat kalian baca di bawah ini
Baca ini : Pengertian Tujuan Belajar Menurut Para Ahli

Ciri-ciri model pembelajaran kooperatif

Berikut ini yaitu #5 ciri-ciri pembelajaran kooperatif menurut Isjoni (2009:62) yang dapat dijelaskan dan diuraikan sebagai berikut :

1. Setiap anggota memiliki peran.
2. Terjadi kekerabatan interaksi pribadi diantara siswa.
3. Setiap anggota kelompok bertanggung jawab atas cara belajarnya dan juga teman-teman sekelompoknya.
4. Guru membantu membuatkan keterampilan-keterampilan personal kelompok.
5. Guru hanya berinteraksi dengan kelompok ketika diperlukan.

Manfaat model pembelajaran kooperatif

Dibawah ini yaitu #4 manfaat dari penerapan pembelajaran kooperatif menurut hasil penelitian Morgan, dkk (2005) yang dapat dijelaskan dan diuraikan sebagai berikut:

1. Siswa menjadi ikut aktif dalam penyelesaian problem matematika.
2. Siswa lebih termotivasi untuk berhubungan dalam kelompok daripada bersaing secara individu.
3. Siswa lebih mengutamakan rasa ingin tahu proses mencari tanggapan yang benar daripada sekedar pribadi mendapat tanggapan yang benar.
4. Guru lebih menghargai kemampuan setiap siswa dengan melibatkan setiap siswa ke dalam diskusi kelompok.

Berdasarkan pengertian, teori konsep, definisi, tujuan, ciri-ciri dan manfaat model pembelajaran kooperatif oleh para andal diatas, maka dapat disimpulkan bahwa arti model pembelajaran kooperatif adalah suatu metode, model atau bentuk pembelajaran yang memfokuskan kepada proses atau aktivitas saling bekerja sama dalam melaksanakan aktivitas belajar dengan kelompok-kelompok kecil yang sifatnya heterogen semoga bisa mendapatkan kondisi berguru yang maksimal guna meraih tujuan berguru tersebut.

Demikian pembahasan mengenai definisi model pembelajaran kooperatif, ciri-ciri model pembelajaran kooperatif dan manfaat model pembelajaran kooperatif.

Daftar pustaka

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Isjoni. 2009. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Nurhadi. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press.
Morgan, Dkk. 2005.
Previous
Next Post »