Teknik Dasar Permainan Bulu Tangkis

Teknik dasar permainan bulu tangkis ialah pembahasan utama bahan pelajaran PJOK yang akan di uraikan dengan lengkap pada materi belajar berikut dibawah ini. Adapun bahan mencar ilmu ihwal latihan teknik dasar permainan bulu tangkis ini ialah termasuk kedalam kategori pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK). Sehingga fokus pembahasan yang akan di jelaskan yakni :

1. Definisi bulu tangkis.
2. Teknik dasar memegang raket.
3. Teknik memukul dalam permainan bulu tangkis.

Pengertian bulu tangkis

Bulu tangkis ialah sebuah permainan yang menggunakan raket sebagai alat pemukulnya dan dimainkan dua orang pemain untuk jenis permainan satu lawan satu (single) atau empat orang pemain untuk permainan ganda atau dua lawan dua (double).
Teknik dasar permainan bulu tangkis
Baca juga : Teknik Dasar Permainan Bola Voli
Permainan badminton dimainkan diatas lapangan yang berbentuk segi empat, yang mana diantara para pemain yang satu dengan pemain yang lain (lawan) dipisahkan oleh jaring (net). Jaring atau yang disebut juga dengan net badminton memiliki tinggi 152,5 cm dan permainan badminton ini memakai type bola bulu (shuttlecock).

Teknik dasar memegang raket

Teknik dasar dalam memegang raket pada permainan badminton dapat diikuti dengan empat cara, yaitu antara lain sebagai berikut :

1. Memegang raket cara Inggris (English grip)
Memegang raket cara Inggris (English grip) ialah raket dipegang pada tangkainya, bab tangan antara ibu jari dan jari telunjuk menempel pada bab permukaan tangkai yang sempit.
2. Memegang raket campuran
Memegang raket campuran ialah cara memegang raket menyerupai cara Inggris, tetapi setelah raket dimiringkan tangkai dipegang menyerupai berjabat tangan.
3. Memegang raket cara Amerika (America grip)
Memegang raket cara Amerika (America grip) ialah raket dipegang pada ujung tangkai, antara ibu jari dan jari telunjuk menempel pada bab permukaan tangan yang gepeng (pipih).
4. Memegang raket cara pegangan (Backhand grip)
Memegang raket cara pegangan (backhand grip) ialah raket dipegang pada tangkainya menyerupai cara Inggris, tetapi raket diputar-putarkan ke kiri sehingga ibu jari lebih aktif menekan pegangan raket.

Teknik memukul dalam permainan bulu tangkis

Adapun teknik memukul dalam permainan badminton terdiri dari pukulan service, pukulan lob, pukulan dropshot, pukulan smash dan juga pukulan drive. Adapun penjelasan lebih lengkapnya sebagai berikut :

1. Latihan teknik servis
Servis ialah pukulan pertama kali yang diberikan pada permainan badminton guna memperoleh angka. Adapun servis pada permainan badminton terdiri dari 4 macam, yaitu antara lain menyerupai servis panjang, servis pendek, servis kecil dan juga servis mendatar. Adapun dalam menjalankan servis dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu antara lain sebagai berikut :

a. Latihan servis tinggi
Servis tinggi amat penting dalam permainan tunggal (single) yang memiliki kegunaan memaksakan lawan mengembalikan bola. Adapun cara melaksanakan latihan servis tinggi ialah antara lain sebagai berikut :

→ Berdiri pada satu sisi lapangan sambil menghadap ke arah sasaran. Kaki kiri di depan kaki kanan, berat tubuh berada pada kaki belakang. Tangan kiri memegang bola, dengan lengan bengkok di atas kepala. Tangan kanan memegang raket dengan lengan lurus dan ditempelkan di belakang badan.
→ Jatuhkan bola di depan muka dan segera disambut dengan mengayun raket ke depan atas. Putar pinggul pada waktu berat tubuh berpindah dari kaki belakang ke depan.
→ Pergelaran tangan dan lengan bawah berputar ketika bola dipukul raket. Arah bola harus melambung tinggi ke tempat belakang lawan.
→ Gerakan final servis terangkatnya raket setinggi mungkin tanpa mengangkat kedua kaki pada ketika bola dipukul.

b. Latihan servis pendek
Servis pendek pada umumnya dimainkan pada permainan ganda (double). Adapun cara melaksanakan servis pendek ialah antara lain sebagai berikut :

→ Berdiri di salah satu sisi lapangan sebelah depan, salah satu kaki di depan dan kaki yang satunya di belakang menghadap sasaran. Berat tubuh berada di kaki depan. Tangan kiri memegang bola di depan raket yang dipegang di depan tubuh di bawah pusar menyilang.
→ Dengan atau tanpa dilepas bola sentuh dengan ayunan tangan yang dibuat pergelangan tangan, sehingga bola melayang rendah dan menggulir sedikit di atas net. Arah bola harus segera menukik biar tidak diserang atau di-smash oleh lawan.
→ Gerakan final tubuh dengan memindahkan berat tubuh ke kaki depan dan segera bersiap untuk menyambut bola akhir datang.

2. Latihan teknik pukulan drive
Pukulan drive ialah jenis pukulan yang menyamping dengan arah bola yang mendatar. Pukulan jenis drive ini ialah sebuah pukulan serangan yang mampu dilakukan dari sisi forehand maupun backhand. Biasanya di ketinggian antara pundak dengan pinggang merupakan titik sentuhan raket dengan bola.

Adapun macam-macam teknik pukulan drive ialah antara lain sebagai berikut :
1. Pukulan forehand drive.
2. Pukulan backhand drive.
3. Latihan teknik pukulan forehand clear.

Adapun cara melaksanakan teknik pukulan forehand clear ialah antara lain sebagai berikut :
a. Pemain bangun ditengah-tengah lapangan antara garis depan dan belakang. Kedua kaki dibuka, lutut ditekuk, pandangan ke depan. Tangan kanan memegang raket didepan tubuh dengan posisi siap.
b. Melangkah ke belakang dengan irama kaki yang nyaman untuk menempatkan diri di bawah bola sedikit dibelakangnya.
c. Angkat raket hingga pergelangan tangan teracung, posisi raket berada di belakang kepala, kepala raket mengarah ke bawah, ajudan akrab dengan indera pendengaran kanan, pukulan bola dengan arah pukulan ke atas kemudian sentuh bola sewaktu berada di depan tubuh.
Baca juga : Teknik Dasar Permainan Bola Basket
4. Latihan teknik pukulan forehand drop
Adapun cara melaksanakan teknik pukulan forehand drop ialah antara lain sebagai berikut :
a. Pemain bangun dalam posisi siap ditengah lapangan antara garis servis dan belakang. Kedua kaki dibuka selebar bahu, lutut ditekuk, tubuh sedikit membungkuk ke depan, pandangan ke arah sasaran dan ajudan memegang raket didepan.
b. Melangkah ke belakang dengan irama kaki yang nyaman untuk menempatkan diri di bawah bola sedikit dibelakangnya.
c. Angkat raket hingga pergelangan tangan teracung. Posisi raket berada dibelakang kepala dan kepala raket mengarah ke bawah, ajudan akrab dengan indera pendengaran kanan.
d. Sentuh bola dengan bidang raket mendatar, mengarah kedepan sedikit ke bawah.
e. Lakukan dropshot tanpa menjadikan bunyi, kontak raket dengan bola pelan saja, sehingga bola turun dengan cepat didekat raket.

Demikian pembahasan mengenai teknik dasar permainan bulu tangkis.
Previous
Next Post »