Definisi Model Dan Pendekatan Pembelajaran Menurut Para Ahli/Pakar

Definisi model dan pendekatan pembelajaran menurut para hebat atau pakar yaitu pokok pembahasan bahan pelajaran psikologi yang akan dijelaskan dengan lengkap dan detail pada materi belajar berikut ini. Adapun sub pembahasan mengenai Pengertian Model Pembelajaran Dan Pendekatan Pembelajaran menurut para hebat didalam berguru pendidikan psikologi yang akan diuraikan yakni sebagai berikut :

1. Teori konsep model pembelajaran.
2. Teori konsep pendekatan pembelajaran.

Teori konsep model pembelajaran

Pengertian model pembelajaran menurut Jihad dan Haris (2010:25) yang menyatakan bahwa model pembelajaran dapat diartikan sebagai suatu rencana atau referensi yang digunakan dalam menyusun kurikulum, mengatur bahan siswa, dan memberi petunjuk kepada pengajar di kelas dan dalam rencana pengajaran.
Definisi Model Dan Pendekatan Pembelajaran Menurut Para Ahli/Pakar
Baca juga : Pengertian Belajar Dan Pembelajaran Menurut Ahli/Pakar
Selanjutnya definisi model pembelajaran menurut Trianto (2007:1) yang mengartikan bahwa model pembelajaran yaitu suatu perencanaan atau referensi yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas.

Sedangkan arti model pembelajaran menurut Agus (2009: 46) menyatakan bahwa model pembelajaran yaitu landasan praktik pembelajaran hasil penurunan teori psikologi pendidikan dan teori berguru yang dirancang berdasarkan analisis terhadap implementasi kurikulum dan implikasinya pada tingkat operasional kelas.

Kemudian model pembelajaran menurut pandangan Arends dalam Agus (2009: 46) yang mengatakan bahwa model pembelajaran mengacu pada pendekatan yang akan digunakan, termasuk di dalamnya :

1. Tujuan-tujuan pembelajaran.
2. Tahap-tahap dalam aktivitas pembelajaran.
3. Lingkungan pembelajaran serta.
4. Pengelolaan kelas.

Berdasarkan pengertian, teori konsep / definisi beberapa para ahli diatas mengenai model pembelajaran, maka dapat disimpulkan bahwa arti model pembelajaran adalah suatu referensi perencanaan yang digunakan dan berfungsi sebagai pedoman susunan rencana proses pembelajaran (belajar-mengajar) yang akan dilaksanakan.
Baca juga : Tujuan Belajar Menurut Para Ahli

Teori konsep pendekatan pembelajaran

Pengertian pendekatan pembelajaran menurut Syaiful (2003:62) yang menyatakan bahwa pendekatan yaitu suatu pandangan guru terhadap siswa dalam menilai, menentukan sikap dan perbuatan yang dihadapi dengan keinginan dapat memecahkan problem dalam mengelola kelas yang nyaman dan menyenangkan dalam proses pembelajaran.

Dalam proses berguru mengajar, peranan seorang guru sangat penting dalam menentukan arah tujuan dari kegiatan-kegiatan pembelajaran yang akan dijalankan.

Selanjutnya definisi pendekatan pembelajaran menurut Wahjoedi (1999: 121) menyatakan bahwa pendekatan pembelajaran yaitu cara mengelola aktivitas berguru dan perilaku siswa biar ia dapat aktif melaksanakan peran berguru sehingga dapat memperoleh prestasi berguru secara optimal.

Sedangkan arti pendekatan pembelajaran menurut Sagala (2005: 68) mengatakan bahwa pendekatan pembelajaran yaitu jalan yang akan ditempuh oleh guru dan siswa dalam mencapai tujuan instruksional untuk suatu satuan instruksional tertentu.

Didalam setiap satuan pendidikan pastinya mempunyai arah dan tujuan untuk dicapai dan diraih. Oleh alasannya yaitu itu, tujuan-tujuan tersebut juga sesuai berdasarkan instruksi atau kode yang telah diberikan oleh pemerintah.

Berdasarkan pengertian, teori konsep / definisi beberapa para ahli diatas mengenai pendekatan pembelajaran, maka dapat disimpulkan bahwa arti pendekatan pembelajaran adalah suatu hal yang harus atau wajib dilakukan atau dijalankan oleh guru yang ditujukan kepada siswa biar dapat menumbuhkan suasana belajar yang menarik perhatian siswa dan menyenangkan guna tercapainya proses aktivitas pembelajaran yang telah diinginkan dan direncanakan oleh guru. Demikian pembahasan mengenai definisi model dan pendekatan pembelajaran menurut para hebat atau pakar.


Daftar pustaka

Agus, Suprijono. 2009. Cooperative Learning : Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Sagala, Syaiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV Alfabeta.
Sagala, Syaiful. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV Alfabeta.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wahjoedi. 1999. Jurnal Iptek Olahraga. Jurnal. Jakarta: Pusat Pengkajian dan Pengembangan IPTEK (PPPITOR).
Previous
Next Post »