Pengertian Belajar Dan Pembelajaran Menurut Ahli/Pakar

Pengertian berguru dan pembelajaran menurut ahli/pakar yaitu pokok pembahasan materi Psikologi yang akan dijelaskan dengan lengkap dan detail pada materi belajar berikut ini. Adapun sub pembahasan mengenai Teori Konsep Belajar Dan Pembelajaran menurut andal didalam berguru pendidikan psikologi yang akan diuraikan yakni sebagai berikut :

1. Definisi / pengertian belajar.
2. Definisi / pengertian pembelajaran.

Definisi belajar

Berikut ini yaitu arti belajar yang dikemukakan oleh para ahli, yang dapat dijelaskan sebagai berikut :
Pengertian Belajar Dan Pembelajaran Menurut Ahli/Pakar
Baca juga : Pengertian Tujuan Belajar Menurut Pakar / Ahli
Menurut Dimyati dan Mudjiono (Sagala, 2012: 13) yang mendefinisikan bahwa siswa yaitu penentu terjadinya atau tidak terjadinya proses belajar.

Kemudian menurut James L. Mursell (Sagala , 2012: 13) yang menyatakan bahwa berguru yaitu upaya yang dilakukan dengan mengalami sendiri, menjelajahi, menelusuri dan memperoleh sendiri.

Adapun menurut Vygotsky (1978: 134) mengartikan bahwa berguru yaitu suatu acara konstruktivisme dimana siswa merupakan subjek berguru aktif yang menciptakan struktur-struktur kognitifnya sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan. Dalam pembelajaran konstruktivis, kreativitas dan keaktifan siswa akan membantu dalam membentuk struktur kognitifnya.

Atas dasar-dasar teori berguru menurut andal diatas, maka dapat disimpulkan bahwa pengertian berguru yaitu suatu acara yang dilakukan secara pribadi dan mampu bangkit diatas kaki sendiri dengan mengalami, menjelajahi, menelusuri serta memperoleh dengan diri sendiri dengan menciptakan struktur-struktur kognitif dari pengalaman-pengalaman dan interaksi dengan lingkungan. (pengertian berguru dan pembelajaran menurut ahli/pakar).

Definisi pembelajaran

Dibawah ini yaitu arti pembelajaran yang dikemukakan oleh para ahli, yang dapat dijelaskan sebagai berikut :

Menurut Munandar (dalam Suyono dan Hariyanto, 2011:207) yang menyatakan bahwa pembelajaran dikondisikan supaya bisa mendorong kreativitas anak secara keseluruhan, membuat penerima didik aktif, mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan berlangsung dalam kondisi menyenangkan.

Kondisi lingkungan sekitar dari siswa sangat kuat terhadap kreativitas yang akan diciptakan oleh siswa. Disaat ketika siswa merasa nyaman, maka tujuan pembelajaran akan lebih mudah untuk dicapai.

Adapula pernyataan oleh Winataputra (2007: 1) yang menyatakan bahwa arti pembelajaran yaitu acara yang dilakukan untuk menginisiasi, memfasilitasi dan meningkatkan intensitas dan kualitas berguru pada diri penerima didik.
Baca juga : Pengertian Pendekatan Pembelajaran Menurut Para Ahli / Pakar
Berdasarkan hal tersebut, maka pembelajaran yaitu upaya sistematis dan sistemik untuk menginisiasi, memfasilitasi dan meningkatkan proses belajar, oleh sebab acara pembelajaran sangat berkaitan erat dengan jenis hakikat serta jenis berguru dan prestasi berguru tersebut.

Adapun menurut pendapat Aqib (2013: 66) menyatakan bahwa proses pembelajaran yaitu upaya secara sistematis yang dilakukan guru untuk mewujudkan proses pembelajaran berjalan secara efektif dan efisien yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.

Atas dasar-dasar teori pembelajaran menurut andal diatas, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yaitu suatu proses interaksi antara siswa dengan guru dan juga beserta seluruh sumber berguru yang lainnya yang menjadi sarana berguru guna mencapai tujuan yang diinginkan dalam rangka untuk perubahan akan sikap serta teladan pikir siswa.

Demikian pembahasan mengenai pengertian berguru dan pembelajaran menurut ahli/pakar.

Daftar pustaka

Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung : Yrama Widya.
Sagala, Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Surabaya : Rosda.
Udin S. Winataputra. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka.
Vygotsky, L.S. 1978. Mind in society : the development of higher psychological Processes. Cambridge, MA : Havard University Press.
Previous
Next Post »