Sikap Apresiatif Terhadap Keunikan Gagasan dan Teknik Dalam Karya Seni Rupa Terapan Nusantara

Sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan nusantara yaitu pembahasan utama materi pelajaran seni budaya yang akan dijelaskan dengan lengkap dan detail pada materi belajar berikut ini. Adapun sub pembahasan mengenai Karya Seni Rupa Terapan didalam berguru seni, budaya dan keterampilan yang akan diuraikan yakni sebagai berikut :

1. Pengertian apresiasi.
2. #8 Teknik pembuatan karya seni rupa terapan nusantara.

Pengertian Apresiasi

Apa yang dimaksud dengan apresiasi ?
Apresiasi yaitu sikap kepekaan yang dalam (mendalam) perihal menghargai, mengagumi dan menilai sebuah karya seni. Apresiasi pasif tumbuh seiring dengan penyesuaian yang sifatnya pasif hingga pada tahap menilai, mulai dari mengamati gambar atau reproduksi karya seni rupa di buku hingga menghadiri pekan raya karya seni rupa. Apresiasi aktif yaitu apresiasi pasif yang disertai pembuatan karya.
Sikap Apresiatif Terhadap Keunikan Gagasan dan Teknik Dalam Karya Seni Rupa Terapan Nusantara
Karya seni rupa terapan yang terdapat di Nusantara sangat beragam dengan aneka jenis, bentuk, fungsi dan teknik pembuatannya. Karya seni rupa terapan Nusantara tersebut dengan segenap keunikan gagasannya patut menerima apresiasi, baik secara aktif maupun pasif. Gagasan (ide kreatif) tersebut merupakan awal proses penciptaan karya seni, termasuk karya seni rupa terapan Nusantara yang diciptakan berdasarkan nilai guna tanpa mengesampingkan nilai seni.
Baca juga : Pengertian, Jenis Karya Seni Rupa Terapan Nusantara

Keragaman teknik pembuatan karya seni rupa terapan nusantara

Ada beberapa teknik pembuatan benda-benda kriya yang diubahsuaikan dengan bahan. Alat dan cara yang digunakan antara lain cor atau tuang, mengukir, membatik, menganyam, menenun, membentuk, memutar dan mencetak. Adapun #8 teknik / cara pembuatan benda kriya karya seni rupa terapan nusantara dapat dijelaskan sebagai berikut :

1. Teknik cor (cetak tuang)
Ketika kebudayaan perunggu mulai masuk ke Indonesia, maka mulai dikenal teknik pengolahan perunggu. Terdapat beberapa benda kriya dari materi perunggu ibarat gendering perunggu, kapak, bajana dan perhiasan. Teknik cetak pada waktu itu terdapat dua macam yaitu antara lain sebagai berikut :

#2 macam teknik cetak
a. Teknik tuang berulang (bivalve)
Teknik bivalve disebut juga teknik menuang berulang kali alasannya menggunakan dua keping cetakan terbuat dari watu dan dapat dipakai berulang kali sesuai dengan kebutuhan (bi berarti dan va Ive berarti kepingan). Teknik ini digunakan untuk mencetak benda-benda yang sederhana baik bentuk maupun hiasannya.

b. Teknik tuang sekali pakai (A cire perdue)
Teknik a cire perdue disebut juga teknik tuang sekali pakai alasannya dibuat untuk membuat benda perunggu yang bentuk dan hiasannya lebih rumit, misalnya ibarat arca dan patung perunggu. Teknik ini diawali dengan membuat model dari tanah liat, selanjutnya dilapisi lilin, lalu ditutupi lagi dengan tanah liat, kemudian dibakar untuk mengeluarkan lilin sehingga terjadilah rongga, sehingga perunggu dapat dituang kedalamnya.

Setelah dingin, cetakan tanah liat dapat dipecah sehingga diperoleh benda perunggu yang diinginkan. Di samping teknik cor ada juga teknik menempa yang bahan-bahannya berasal dari perunggu. Saat ini banyak terdapat sentra-sentra kerajinan cor logam ibarat kerajinan perak. Tempat-tempat terkenal itu antara lain kerajinan perak di kota Gede Yogyakarta dan kerajinan kuningan yang terdapat di Juwana dan Mojokerto.

2. Teknik ukir
Alam Nusantara dengan hutan tropisnya yang kaya menjadi penghasil kayu yang mampu dipakai sebagai materi dasar seni ukir kayu. Mengukir adalah acara menggores, memahat dan menoreh contoh pada permukaan benda yang diukir.

Di indonesia, karya ukir sudah dikenal semenjak zaman watu muda. Pada masa itu banyak peralatan yang dibuat dari watu ibarat perkakas rumah tangga dan benda-benda dari gerabah atau kayu. Benda-benda itu diberi ukuran bermotif geometris, ibarat tumpai, lingkaran, garis, swastika, zig-zag dan segitiga. pada umumnya tabrakan tersebut selain sebagai hiasan juga mengandung makna simbolis dan religius.

#4 Jenis ukiran
Dilihat dari jenis-jenisnya, terdapat beberapa jenis tabrakan yakni antara lain sebagai berikut :
a. Tembus (krawangan).
b. Ukiran rendah.
c. Ukiran tinggi (timbul).
d. Ukiran utuh.

#5 Fungsi karya seni ukir
Karya seni ukir memiliki macam-macam fungsi yaitu ibarat fungsi hias, fungsi magis, fungsi simbolik dan fungsi konstruksi. Adapun #5 fungsi karya seni ukir dapat dijelaskan antara lain sebagai berikut :

a. Fungsi hias
Fungsi hias yaitu tabrakan yang dibuat semata-mata sebagai hiasan dan tidak memiliki makna tertentu.
b. Fungsi magis
Fungsi magis yaitu tabrakan yang mengandung simbol-simbol tertentu dan berfungsi sebagai benda magis berkaitan dengan kepercayaan dan spiritual.
c. Fungsi simbolik
Fungsi simbolik yaitu tabrakan tradisional yang selain sebagai hiasan juga berfungsi sebagai menyimbolkan hal tertentu yang bekerjasama dengan spiritual.
d. Fungsi konstruksi
Fungsi konstruksi yaitu tabrakan yang selain sebagai hiasan juga berfungsi sebagai pendukung sebuah bangunan.
e. Fungsi ekonomis
Fungsi ekonomis yaitu tabrakan yang berfungsi untuk menambah nilai jual suatu benda.

3. Teknik membatik
Kerajinan batik telah dikenal lama di Nusantara. Akan tetapi kemunculannya belum diketahui secara pasti. Batik adalah karya seni rupa yang pada umumnya berupa gambar pada kain. Proses pembuatan batik adalah dengan cara menambahkan lapisan malam dan kemudian diproses dengan cara tertentu atau melalui beberapa tahapan pewarnaan dan tahap pelorodan yaitu penghilangan malam.

#5 Teknik membatik
Sesuai dengan perkembangan zaman, ketika ini dikenal beberapa teknik membatik yaitu antara lain sebagai berikut :

a. Batik celup ikat
Batik celup ikat yaitu pembuatan batik tanpa menggunakan malam sebagai materi penghalang, akan tetapi menggunakan tali untuk menghalangi masuknya warna ke dalam serat kain.
b. Batik tulis
Batik tulis yaitu batik yang dibuat melalui cara menunjukkan malam dengan menggunakan canting pada motif yang telah digambar pada kain.
c. Batik cap
Batik cap yaitu batik yang dibuat menggunakan alat cap (stempel yang pada umumnya terbuat dari tembaga) sebagai alat untuk membuat motif sehingga kain tidak perlu digambar terlebih dahulu.
d. Batik lukis
Batik lukis yaitu batik yang dibuat dengan cara melukis. Pada teknik ini seniman bebas menggunakan alat untuk menerima efek-efek tertentu.
e. Batik modern
Batik modern yaitu batik yang cara pembuatannya bebas, tidak terikat oleh aturan teknik yang ada. Hal tersebut termasuk pemilihan motif dan warna, oleh alasannya itu pada hasil kesannya tidak ada motif, bentuk, komposisi dan pewarnaan yang sama di setiap produknya.
f. Batik printing
Batik printing yaitu kain yang motifnya ibarat batik. Proses pembuatan batik ini tidak menggunakan teknik batik, tetapi dengan teknik sablon (screen printing). Jenis kain ini untuk kain seragam sekolah.

4. Teknik anyam
Benda-benda kebutuhan hidup sehari-hari misalnya ibarat keranjang, tikar, topi dan lain sebagainya dibuat dengan teknik anyam. Bahan baku yang digunakan untuk membuat benda-benda anyaman ini berasal dari banyak sekali tumbuhan yang diambil seratnya, antara lain ibarat bambu, palem, rotan, mendong, pandan dan lain sebagainya.

5. Teknik tenun
Teknik menenun pada dasarnya hampir sama dengan teknik menganyam. Perbedaan teknik menenun dengan teknik menganyam yaitu hanya pada alat yang digunakan. Untuk anyaman, kita cukup melakukannya dengan tangan (manual) dan hampir tanpa menggunakan alat bantu. Sedangkan pada kerajinan menenun kita menggunakan alat yang disebut lungsi dan pakan.

6. Teknik membentuk
Pengertian teknik membentuk yaitu membuat karya seni rupa dengan media tanah liat yang lazim disebut dengan gerabah, tembikar atau keramik. Keramik adalah karya dari tanah liat yang prosesnya melalui pembakaran sehingga menghasilkan barang yang gres dan jauh berbeda dari materi mentahnya.

#3 teknik pembuatan keramik
Teknik yang pada umumnya digunakan pada proses pembuatan keramik diantaranya yaitu sebagai berikut :
a. Teknik coil (lilit pilin).
b. Teknik tatap batu/pijat jari.
c. Teknik slab (lempengan).

Cara pembentukan keramik yaitu dengan tangan eksklusif ibarat coil, lempengan atau pijat jari yaitu teknik pembentukan keramik tradisional yang bebas untuk membuat bentuk-bentuk yang diinginkan. Bentuknya tidak selalu simetris. Teknik ini sering dipakai oleh para seniman atau para penggemar keramik.

7. Teknik putar
Teknik pembentukan dengan alat putar dapat menghasilkan banyak bentuk yang simetris (bulat, silindris) yang bervariasi. Cara pembentukan dengan teknik putar ini sering dipakai oleh para pengrajin di sentra-sentra keramik. Pengrajin keramik tradisional biasanya menggunakan alat putar tangan (hand whell) atau alat putar kaki (kick whell). Para pengrajin bekerja di atas alat putar dan menghasilkan bentuk-bentuk yang sama ibarat gentong, guci dan lain-lain.

8. Teknik cetak
Teknik pembentukan dengan cetak dapat memproduksi barang dengan jumlah yang banyak dalam waktu relatif singkat dengan bentuk dan ukuran yang sama pula. Bahan cetakan yang biasa dipakai yaitu berupa gips, ibarat untuk cetakan berongga, cetakan padat, cetakan jigger maupun cetakan untuk dekorasi tempel. Cara ini digunakan pada pabrik-pabrik keramik dengan produksi massal, ibarat alat-alat rumah tangga piring, cangkir, mangkok dan gelas.
Baca juga : Bentuk, #7 Contoh Karya Seni Rupa Terapan Nusantara
Di samping cara-cara pembentukan diatas, para pengrajin keramik tradisional dapat membentuk keramik dengan teknik cetak pres, ibarat yang dilakukan pengrajin genteng, tegel dinding maupun hiasan dinding dengan banyak sekali motif ibarat bintang atau tumbuh-tumbuhan.

Demikian pembahasan mengenai sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan nusantara.
Previous
Next Post »