Model Pembelajaran Klasikal Dengan Pendekatan Saintifik

Model pembelajaran klasikal dengan pendekatan saintifik yakni pokok pembahasan bahan pelajaran Psikologi yang akan dijelaskan dengan lengkap dan detail pada materi belajar berikut ini. Adapun sub pembahasan mengenai Model / Metode Pembelajaran Klasikal berdasarkan Pendekatan Saintifik didalam berguru pendidikan psikologi yang akan diuraikan yakni sebagai berikut :

1. Definisi pembelajaran klasikal.
2. Pembelajaran klasikal menurut mahir / pakar.
3. #5 langkah metode pembelajaran klasikal.

Pengertian pembelajaran klasikal

Didalam kamus besar bahasa indonesia (KBBI) arti klasikal didefinisikan secara gotong royong di kelas. Berdasarkan pengertian tersebut maka model pembelajaran klasikal yakni suatu model pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dan siswa yang secara gotong royong melaksanakan kegiatan diskusi (tanya jawab) dalam kelompok besar yaitu semua siswa yang ada dalam kelas.
Model Pembelajaran Klasikal Dengan Pendekatan Saintifik
Baca juga : Pengertian Belajar Dan Pembelajaran
Pada model pembelajaran klasikal, guru mendominasi dan menentukan seluruh proses kegiatan pembelajaran antara lain menyerupai :
1. Banyaknya bahan yang akan diajarkan.
2. Urutan bahan pelajaran.
3. Kecepatan guru mengajar.

Dan lain sebagainya sehingga seluruh kegiatan didalam proses pembelajaran sepenuhnya berada di tangan guru.

Pembelajaran klasikal menurut ahli

Pembelajaran klasikal menurut Aunurrahman (2009: 147) yang menyatakan bahwa model pembelajaran klasikal lebih menitikberatkan pada tugas guru dalam menunjukkan isu melalui bahan pelajaran yang disajikan. Model pembelajaran klasikal menggunakan pembelajaran kelas dalam proses pembelajaran.

Adapun menurut Dimyati dan Mudjiono (2006:69) yang menyatakan bahwa pembelajaran kelas yaitu melaksanakan dua kegiatan sekaligus, yaitu antara lain :
1. Pengelolaan kelas.
2. Pengelolaan pembelajaran.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa, model / metode pembelajaran klasikal tidak sepenuhnya berpusat kepada guru saja, akan tetapi tugas siswa juga dituntut secara aktif pada proses kegiatan berguru mengajar.

#5 langkah metode pembelajaran klasikal

Berikut ini yakni #5 langkah model pembelajaran klasikal dengan pendekatan saintifik yang dapat dijelaskan sebagai berikut :

1. Mengamati
Kegiatan berguru yang dilakukan yakni siswa membaca, mendengar, menyimak, melihat (tanpa atau dengan alat).

2. Menanya
Kegiatan berguru yang dilakukan yakni siswa mengajukan pertanyaan wacana isu yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk menerima isu komplemen wacana apa yang diamati.

3. Mengumpulkan informasi
Kegiatan berguru yang dilakukan yakni siswa melaksanakan eksperimen, membaca sumber lain selain buku teks, mengamati objek atau kejadian, acara wawancara dengan nara sumber.

4. Mengasosiasi (menalar)
Kegiatan berguru yang dilakukan yakni siswa mengolah isu yang sudah dikumpulkan baik terbatas dari hasil kegiatan mengumpulkan/eksperimen maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi.

5. Mengkomunikasikan
Kegiatan berguru yang dilakukan yakni siswa memberikan hasil pengamatan dan memberikan kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis atau media lainnya.
Demikian pembahasan mengenai model pembelajaran klasikal dengan pendekatan saintifik.

Daftar pustaka

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Previous
Next Post »