#3 arti, indikator prestasi belajar yaitu pokok pembahasan bahan pelajaran psikologi yang akan dijelaskan dengan lengkap dan detail pada materi belajar berikut ini. Adapun point pembahasan mengenai apa saja hal-hal yang dapat yang menjadi indikator dalam prestasi belajar didalam mencar ilmu pendidikan psikologi yakni antara lain :
1. Definisi prestasi belajar.
2. #3 indikator prestasi belajar.
Arti prestasi belajar
Kata prestasi mencar ilmu berasal dari bahasa Belanda yaitu Prestatic yang memiliki arti yaitu hasil usaha. Didalam KBBI atau yang di sebut dengan kamus besar bahasa indonesia, makna prestasi belajar di definisikan sebagai suatu pencapaian atau hasil penilaian yang telah diperoleh berdasarkan proses acara per-sekolahan yang sifatnya kognitif serta yang pada biasanya telah ditentukan dengan berdasarkan melalui proses pengukuran dan penilaian.
Baca juga : Pengertian Belajar Menurut Para Ahli
Adapun salah satu faktor yang sangat menghipnotis prestasi belajar yang ada pada diri seseorang yaitu konsep dirinya sendiri, yang mana konsep diri yang dimaksud dianggap sebagai suatu kunci yang sifatnya telah mengatur dan juga telah mengarahkan perilaku seorang insan atau individu.
Prestasi mencar ilmu seseorang tergantung dengan bagaimana kebiasaan seorang tersebut dalam melakukan proses acara mencar ilmu (kebiasaan belajarnya). Adapun pengertian, teori dan konsep kebiasaan belajar menurut Djaali (2007: 128) yang menyatakan bahwa kebiasaan mencar ilmu adalah cara atau teknik yang menetap pada diri siswa pada waktu mendapatkan pelajaran, membaca buku, mengerjakan tugas, dan pengaturan waktu untuk menyelesaikan kegiatan.
Oleh alasannya yaitu itu, dapat disimpulkan bahwa arti kebiasaan belajar seseorang yaitu suatu cara yang telah dilakukan oleh seorang insan atau individu yang secara berulang-ulang dan yang pada karenanya kemudian menjadi suatu ketepatan dan juga bersifat otomatis.
Baca juga : Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar
#3 indikator prestasi belajar
Berikut dibawah ini yaitu beberapa indikator-indikator yang menjadi contoh dan dapat dilihat dalam mengukur prestasi mencar ilmu seorang insan atau individu yang dapat dijelaskan dan diuraikan antara lain yakni sebagai berikut :
1. Hasil mencar ilmu kognitif yang mana diantaranya meliputi antara lain sebagai berikut :
a. Hafalan.
b. Pemahaman.
c. Analisis.
d. Penerapan.
e. Sintesis.
f. Evaluasi.
2. Hasil mencar ilmu efektif yang mana diantaranya meliputi antara lain sebagai berikut :
a. Receiving atau kepekaan dalam mendapatkan rangsangan.
b. Responding atau jawaban.
c. Valuing.
d. Organisasi.
e. Karakteristik.
3. Hasil mencar ilmu psikomotor yang mana diantaranya meliputi antara lain sebagai berikut :
a. Gerakan reflek.
b. Kemampuan perceptual.
c. Keterampilan pada gerakan dasar.
d. Kemampuan bidang fisik.
e. Gerakan skill.
Baca juga : Pengertian Belajar Dan Pembelajaran
Demikian pembahasan mengenai #3 arti, indikator prestasi belajar.
Daftar pustaka
Djaali. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.