Mahatma, demikianlah sebutan untuk tokoh yang satu ini dengan banyak sekali fatwa moralitas dan pemaparannya yang sangat filosofis.
Beliau dilahirkan disebuah kota kecil di pantai barat India pada 2 Oktober 1869. Terlahir dari keluarga sederhana dari rahim seorang ibu yang salehah berjulukan Putlibai. Ia diberi nama Mohandes Karamchand Gandhi dan ketika ini kita mengenalnya sebagai salah satu tokoh penting bukan hanya di India tetapi diseluruh dunia.
Pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan ajaran-ajaran Gandhi sehingga dikenal dengan sebutan manusia bijak dari timur. Adapun ajaran-ajarannya yaitu
# Kebenaran Tanpa Kekerasan
Pada ketika ini, kita hampir kesulitan untuk menemukan politikus yang mengikuti prinsip-prinsip kebenaran. Apabila ada seorang politikus yang ingin jujur, secara umum dikuasai akan segera menolaknya.
Hal yang sering kita temui kemudian ialah para politikus yang serakah, korban dari nafsu mereka sendiri, dan pengejar ketenaran. Kebanyakn menjadi sangat kaya dalam masa jabatannya, korupsi, dan melaksanakan penipuan terhadap rakyat.
Inilah kemudian yang menjadi kritikan Gandhi akan bahayanya sistem perpolitikan yang mengesampingkan nilai-nilai kebenaran dan cenderung mengedepankan kekerasan baik untuk tentangan maupun rakyat yang seharusnya menjadi tanggung jawab mereka.
Seorang filsuf bijak pernah mengungkapkan kata-kata yang selanjutnya menjadi pandangan gres bagi Gandhi. Plato, dialah filsuf tersebut dengan mengungkapkan bahwa 'negara pada dasarnya sama dengan badan seorang manusia, pergerakannya harus diatur dan dikontrol oleh hati.'
Artinya untuk mencapai kebenaran, alangkah baiknya kalau negara dengan segala macam sistemnya diatur oleh pemimpin dan jajarannya yang masih mengedepankan hati nurani. Inilah fatwa Gandhi, 'kebenaran tanpa kekerasan'
# Kekayaan Harus Dengan Kerja Keras
Tidak ada orang yang dapat melarikan diri dari tindakan baik secara fisik, mental, maupun intelektual. Kekayaan harus hanya berasal dari kerja keras yang jujur.
Kita juga harus menggunakan kekayaan untuk kebaikan dalam kemanusiaan. Hal ini berkaitan dengan bidang ekonomi.
Gandhi terinspirasi dari Tolstoy dan Rushkin dalam penggunaan tenaga insan untuk perputaran roda ekonomi. Ia menganjurkan bahwa upah kurang lebih harus sama dengan jenis pekerjaan yang dilakukan. Ia mengajak masyarakat untuk menghasilkan makanannya sendiri, dengan tangan mereka sendiri.
# Kegiatan Ekonomi Yang Mengedepankan Etika-Moral
Kegiatan ekonomi tidak hanya urusan barang saja, tetapi lebih kepada interaksi dan transaksi antara individu-individu dalam lingkup yang besar maupun kecil.
Untuk mewujudkan interkasi yang positif, harus dilandaskan pada nilai-nilai etika dan moral. Artinya setiap individu yang terlibat dalam dunia urusan ekonomi harus menjunjung tinggi nilai-nilai tersebut.
# Pendidikan Yang Berkarakter
Landasan ini akan memengaruhi pembangunan huruf murni dalam setiap jiwa individu. Pendidikan sejatinya akan membimbing insan menuju perkembangan huruf yang salah satu tujuannya ialah membuatkan sisi rasional.
Pendidikan bukan berarti mempersiapkan anak didik untuk dapat menghasilkan banyak uang demi membayar kebahagiaan sejati. Semua agama memuja rasul-rasul mereka yang tidak kaya akan harta, tetapi kaya akan moralitas, karakter, dan menjalani kehidupan yang didedikasikan menuju kebenaran Sang Pencipta.
# Kenikmatan Yang Berlandaskan Nurani
Manusia diciptakan tidak untuk menjalani kehidupan yang sia-sia. Manusia yang mencicipi kenikmatan "rendah" dari fisik, mental, intelektual, dan bahkan agamanya berarti telah menjual dirinya pada harga yang sangat murah.
Mahatma Gandhi menawarkan nasehat berupa kata kata bijak yang menggambarkan betapa tingginya nilai kenikmatan yang dilandasi nurani.
Whenever you are in doubt or when the self becomes too much with you, apply the following test: Recall the face of the poorest and the weakest man whom you may have seen and ask yourself, if the step you contemplate is going to be of any use to him
Seseorang yang mencicipi kenikmatan "tinggi" dari fisik, mental, intelektual, dan agamanya, berarti ia telah menawarkan kebaikan bagi dirinya sendiri. Bahkan ia juga membawa dirinya menuju keseimbangan dalam memanfaatkan sumber daya alam.
# Ilmu Pengetahuan Harus Sejalan Dengan Kemanusiaan
Peradaban berkembang dengan munculnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Penemuan dan prestasi akan berdampak kasatmata asalkan kita tidak mengabaikan aspek yang paling penting dari semua itu, yakni kemanusiaan.
Kepuasaan dengan kesenangan duniawi hanyalah sementara. Keduanya tidak akan pernah memenuhi impian abadi kita. Justru kita merindukan kesenangan yang lebih dan lebih lagi dari kesenangan fisik hingga kita karam didalamnya.
Seseorang harus mengetahui apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Kemajuan ilmu penegtahuan yang tidak searah dengan tujuan spiritualitas hanya akan membawa kehancuran.
Karena ilmu pengetahuan dan kemanusiaan berjalan beriringan dalam membuka tabir kebenaran dan kesejahteraan.