HMMM... Karya Santi Wulandari

HMMM...
Karya Santi Wulandari

Terpaku diam dalam keheningan malam, ingin rasanya ku menjerit dalam kesunyian, namun apa daya. Untuk apa ku menjerit dalam kesunyian, tak akan ada pula yang dapat mendengar jeritanku meski dalam kesunyian, mereka semua sibuk dengan urusannya masing-masing. Mungkin hanya Yang Mahakuasa yang dapat mendengar semua keluh kesahku. Berulan – bulan yang lalu saya memiliki seorang sahabat yang sangat baik hati hati, telah lama ku mengenal sosok sahabatku, sahabat yang slalu ada untukku,  semua keluh kesah ku ceritakan padanya, karna hanya beliau yang dapat mengerti aku. Susah senang kita jalani bersama, semenjak ku duduk di dingklik perkuliahan dialah yang pertama membuatku berkembang menjadi sosok yang cukup umur dan tak kekanak – kanakan lagi. Aku dan beliau memang memiliki sisi yang berbeda sangat jauh bagai langit dan bumi, tapi dengan perbedaan itulah yang membuat kita karenanya bersatu dan hingga kini kita masih menjadi sahabat.

Suatu ketika sahabatku tak memberiku kabar hingga 2  bulan lamanya, entah kemana beliau pergi, menghilang begitu saja ibarat ditelan bumi. Setiap hari saya selalu memberinya kabar melalui sms, menelpon,. Tiap kali saya sms tak pernah dibalasnya, ku telpon nomor hp nya tak pernah  aktif. Aku penasaran saja mengapa beliau tak memberiku kabar hingga 2 bulan lamanya. 1 ahad sebelum beliau menghilang beliau bilang bahwa beliau akan pergi dari hadapanku dengan waktu yang cukup lama. Ahh saya tak percaya beliau akan pergi dalam waktu yang lama, paling hanya pulang kampung saja. “San, kau jaga diri baik-baik disini ya?” ucap sahabatku.“Lho setiap ketika kan saya selalu jaga diriku baik-baik kok, lagian saya udah gede bukan lagi anak kecil” ucapk. “Ehmm… kau nih mampu sedikit serius ga sih ? saya ini minta kau jaga diri kau baik-baik karna kalau suatu ketika saya pergi kau mampu jaga diri kau sendiri tanpa aku, sahabtku yang selalu nemenin kau ! ” ucap sahabatku dengan nada kesal. “Lho kau mau kemana ? ikut dong, mau pergi berapa lama ? lagian kita kan bentar lagi libur semester , waktunya cukup lama juga buat pergi-pergi, saya ikut ya ? masa kau mau ninggalin sahabat sebaik, secantik dan seimut saya gini sih” tanyaku dan mencoba mengolok supaya saya ikut dengannya. “Ya ampun saaaan, pedoman kau ini emang ga mampu cukup umur ya ! maksud saya pergi itu bukan berarti pergi main-main, tapi ada urusan penting yang mengharuskan saya pergi” ucapnya kesal. “kenapa kau harus pergi dari saya sih, kalau saya nanti kenapa-napa gimana ? kau ga kasian sama saya apa ? “iyaa santi sayang, saya sayang kamu, kau udah nemenin hari-hari ku selama ini, ya meski saya nanti pergi dalam waktu yang lama kuharap kau baik-baik disini, saya yakin kau bias jaga diri kamu, jangan nakal-nakal, saya ini sahabat kamu, kalau kau kenapa-napa disini saya pasti mampu merasakannya” ucapnya serius. “Ya sudah kalau memang kau ingin pergi ya pergi saja, tapi ingat kau juga disana baik-baik, saya juga sahabat kamu, jadi kalau kau disana kenapa-napa saya juga pasti mampu merasakannya, saya sayang kau juga sahabatku”. 

Hmmm… entah apa yang harus kulakukan, saya memang mampu hidup tanpanya, tapi kini saya sangat kesepian tanpanya, 2 bulan lamanya beliau menghilang, hingga kini beliau tak kunjung mengabariku, saya semakin cemas. “apa sih yang kau lakukan disana ? saya hanya berharap dan berdoa pada Yang Mahakuasa supaya kau baik-baik disana, kau selalu ingat saya sahabatmu disini, serta kau cepat kembali bersamaku” ucapku dalam hati yang mengharapkan beliau cepat kembali. Aku memang sudah kenal lama dengannya, tapi selama saya kenal dengan dirinya tak pernah diberitahu akan kampung halamannya, setiap ku tanyakan dimana kampung halamannya beliau selalu menjawab sangat jauh, kau gakan berpengaruh untuk pergi kesana dalam waktu 2-5 hari, katanya. Yaah mungkin kawasan tinggal beliau di luar pulau mungkin dan sangat jauh, makanya beliau gak mau kalau saya kesana dan gak akan pernah memberitahuku akan kawasan tinggalnya, karna gak mau buat saya lelah ketika diperjalanan,  gumamku dalam hati. 

HMMM...  Karya Santi Wulandari

Hari demi hari, bulan demi bulan  ku lalui tanpanya, seakan ku hampa tanpa khadiran sosok sahabat yang kusayang itu. Entah kemana beliau pergi, kini beliau sudah tak lagi bersamaku, beliau sudah tak pernah kembali padaku, tak pernah kembali ke kampus yang tercinta ini. Aku lelah mencarinya yang tak kunjung mendapatkan kabar, saya putuskan untuk berhenti mencarinya, karna saya berfikir beliau sudah lupa denganku. Hingga 1 tahun kemudian tiba – tiba beliau muncul dihadapanku, saya tersentak kaget, antara perasaan senang, bahagia, sedih, dan kesal semua menjadi satu. Aku tak percaya beliau akan kembali padaku. Aku pribadi memeluk erat dirinya, karna saya sangat rindu padanya. Tapi…semua di luar dugaan, ketika saya memeluk erat dirinya, beliau melepaskan pelukanku dan mendorongku seakan beliau tak mengenalku. “hei ! kau siapa tiba – tiba memelukku ibarat itu ? kita juga ga pernah kenal kan sebelumnya ?” tanyanya dengan kesal sekaligus bingung. “Lho, kau kenapa sih ? ohh jadi gitu cara kau melupakan sahabatkamu yang slalu ada buat kamu! Kamu jahat banget sih, sudah satu tahun kau menghilang, bukannya ngasih kabar ! sekarang kita dipertemukan bukannya seneng, malah dorong aku, kau jahat !” ucapku dengan keheranan sekaligus marah padanya. “Sahabat ! kita kan gres ketemu, masa udah jadi sahabat, yang bener aja dong, kau lagi sakit nih ya ? mampu – bisanya bilang kita kalau kita sahabat” ucapnya dengan kesal “Ya ampuuuun, tega banget sih kau mampu lupain saya semudah itu, ya udah terserah kau aja deh, mau kenal apa enggak yang penting saya seneng banget kau sudah kembali sama saya dan saya masih tetep sayang kau sahabatku” ucapku sembari meninggalkan beliau pergi. 

Mentari pun kian menghilang di ufuk barat, membuktikan siang kan berlalu dan malam kan datang. Seperti biasa saya slalu diam dalam kamar dan belajar. Teringat akan hal yang terjadi di kampus tadi, “aku heran kenapa beliau ibarat itu, kenapa dengan mudahnya beliau melupakanku ? apa mungkin saya sudah tak  ada lagi di hati dan pikirannya sebagai sahabatnya ? ahh sudahlah, mungkin beliau cuma bercanda, saya besok temui beliau saja deh di kampus” gumamku. karenanya ku tertidur dngan lelap hingga sang surya menebarkan senyum hangatnya. Aku bergegas mandi dan menuju kampus dengan cepat karna sudah tak tabah ingin bertemu dengan sahabatku tersayang. Tibanya ku di kampus, saya pribadi menemuinya, beliau biasa duduk di bawah pohon rindang akrab parkiran motor sebelum beliau masuk kelas. Namun, beliau tetap heran kenapa saya slalu menemuinya, tiba – tiba beliau memperkenalkan dirinya, saya kaget mendengar namanya karna nama itu bukan nama sahabatku yang ku kenal dulu. Aku memperlihatkan foto ku dengan sahabatku kepadanya, beliau pun kaget dan heran. “Oh ya saya punya foto sahabatku, ini foto sahabat yang saya sayang” ucapku “Lho, kok sama sih, saya kan ga punya kembaran kok” ucapnya dengan kebingungan. “Aku juga tak mengerti mengapa semua ini terjadi, saya heran dengan semuanya, atau mungkin kita ditakdirkan untuk bertemu ? mau kan kau jadi sahabat aku, dan untuk kemarin saya memelukmu, maaf saya ga sengaja, karna kau sama persis dengan sahabatku” ucapku “iya gak apa – apa kok, justru saya yang harusnya minta maaf sama kamu, karna saya udah dorong kau kemarin” ucapnya. Kami pun karenanya berteman, meski ku takut beliau nantinya akan pergi meninggalkanku. Hari demi ku lalui bersamanya, saya mencoba menceritakan semua yang terjadi antara saya dan sahabatku. Temanku pun mampu menenangkan aku, sama hal-nya dengan sahabatku, beliau selalu menenangkan aku. Sikapnya itu sama persis dengan sikap sahabatku, hanya nama yang berbeda darinya, mungkin inilah sosok yang akan menemaniku nanti. Lama – kelamaan saya mencari tahu ihwal kawasan tinggal temanku itu, temanku ini memberitahu dimana beliau tinggal, dan katanya kapan – kapan saya akan diajak ke rumahnya. Syukurlah beliau tak sama dengan sahabatku yang sulit sekali menunjukkan kawasan tinggalnya padaku. Bulan depan saya diajak oleh temanku itu kerumahnya, beliau kenalkan saya dengan orang tuanya, saya heran kenapa beliau memperkenalkan saya dengan orang tuanya, padahal kita kan hanya sebatas sahabat gak lebih. 

Di bulan – bulan berikutnya beliau menunjukkan sikap yang berbeda dari biasanya, beliau selalu menunjukkan perhatian lebih dari biasanya, halnya kalau saya ini pacarnya. Tiba – tiba ketika saya sedang duduk melongo di bawah pohon rindang, beliau menunjukkan saya setangkai bunga mawar, saya kaget dengannya kenapa tiba – tiba beliau menunjukkan saya bunga. ternyata selama ini beliau suka sama saya semenjak pertama kali kita bertemu, setelah ku pikir – pikir saya juga memang suka dengannya. Tak selang beberapa hari kita pun karenanya resmi berpacaran. Hari – hari yang kami jalani begitu bagus dan sangat bahagia hingga saya melupakan sosok sahabat yang selama ini saya sayang. Kini bukan hanya sahabatku dulu yang ku sayang, tetapi saya juga sayang dan cinta dengan pacarku kini. Berbulan – bulan kitaberpacaran, pacarku secara tiba – tiba mengajakku untuk pergi ke pantai untuk melihat sunset, saya seneng banget mampu melihat sunset dengannya, karna ini mengingatkanku kembali pada sosok sahabatku yang dulu. “sayang, liburan semester nanti kita ke pantai yuk ? kita lihat sunset” tanyanya. “Beneran kau mau ajak saya ke pantai dan melihat sunset ? kau tau gak, secara tak sadar saya kembali mengingat sahabatku, yang dulu beliau pernah berjanji akan mengajakku pergi ke pantai untuk melihat sunset” ucapku “waah yang bener sayang ? ya syukur kalau gitu, nantinya sunset itu akan menjadi obat penawar rindu pada sahabatmu itu” ucapnya “iyaa, betul juga tuh”ucapnya dengan membuat hatiku makin bahagia. 

Liburan semester pun karenanya tiba, tak tabah rasanya inginku cepat – cepat ke pantai untuk melihat sunset. Keesokan harinya saya segera bersiap – siap untuk menuju pantai, saya dan pacarku berangkat sempurna pada pagi hari karna perjalanan menuju pantai cukup memakan waktu yang lama. 5 jam kami berada di perjalanan karenanya hingga juga ke kawasan tujuan kami yaitu pantai. Sesampainya disana kami pun pribadi menuju kawasan penginapan, karna perjalanan yang cukup melelahkan itu kami pun beristirahat di kamar masing – masing. Hingga sempurna jam 5 sore kami bergegas menuju pantai untuk menikmati pemandangan sore hari di pantai yang bagus serta melihat sunset. Kami sempat berbincang – bincang disana. “Sayang, lihat deh sebentar lagi matahari akan bersembunyi di ufuk barat, cahayanya akan segera menghilang” ucapnya. “Iya betul juga, kita lihat lebih akrab yuk keindahan senja di sore hari ini” ucapnya. Namun tiba –tiba ketika saya melihat mentari yang tersipu aib itu ku lihat ada bayangan seseorang yang sepertinya saya mengenal betul akan sosok bayangan yang saya lihat itu.  Aku tersontak kaget ketika melihat sosok yang ada 5 meter di hadapanku itu. “Ya Tuhan, siapa beliau ? sepertinya beliau sudah tak ajaib lagi dimataku,” ucapku. Tapi saya hanya dapat melihat bayangan hitam itu, karna mentari kan segera bersembunyi hingga yang tampak dihadapanku itu hanya bayangan saja. Pacarku pun kaget melihataku yang tiba – tiba terdiam. Hatiku berdetak begitu kencang hingga sulit untukku bernafas ketika lambat laun bayangan itu kian menjauh pergi, karna saya penasaran akan bayangan yang ada di hadapanku itu, saya bergegas berlari menuju bayangan dengan mengajak pacarku juga untuk ikut mendekati bayangan hitam. Namun pacarku sepertinya tak mengetahui bahwa saya melihat sosok sahabatku di depan sana. Akhirnya saya berlari sendirian mendekati sosok bayangan hitam dan pacarku pun mengikuti dibelakangku, meski beliau tak tahu apa yang sedang saya kejar. Langkah demi langkah ku dekati bayangan hitam, namun bayangan itu semakin menjauh dan tiba –tiba menghilang, saya lelah mengejarnya karna tak juga dapat mendekati bayangan itu, beliau semakin saja menjauh dari hadapanku. Aku terdiam dan menangis ketika saya tak mendapatkan sosok bayangan yang tadi saya lihat. Pacarku pun kemudian melihatku yang menangis dan pribadi memelukku, menanyakan kenapa saya tiba – tiba berlari dan kemudian menangis. Aku yang masih saja menangis melihat sosok yang saya kira sahabatku itu menghilang untuk kedua kalinya. Lambat laun saya coba bercerita kepada pacarku apa yang sedang saya kejar dan kenapa saya menangis. Pacarku pun memeluk erat kembali tubuhku dan menenangkan aku. Pacarku berkata mungkin beliau kembali sebagai sosok bayangan hanya sekedar melihatmu bahagia bersamaku, orang yang kini memelukmu, orang yang kini kau sayang, beliau yang kata kau dahulu sering menemanimu, yang sering mengertimu,  kini akulah penggantinya meski berbeda, tapi saya akan selalu berusaha menemanimu, menjagamu, mengertimu, mencintaimu dan menyayangimu, kau mau kan hidup denganku selamanya ? kau mau kan menjadi pendamping hidupku, dan kau mau kan jadi istriku ?” ucapnya yang sangat serius itu membuat saya berhenti menangis. “Menjadi istrimu ? asal kau mampu menyayangiku dengan nrimo serta menerimaku apa adanya, saya bersedia untuk menjadikanmu imam dalam keluargaku” jawabku dengan keseriusan pula. Pacarku kemudian melepaskan pelukannya dan kemudian beliau bertekuk lutut serta memberikanku cincin yang sangat indah, sembari berkata “WILL YOU MERRY ME ?”. Aku pun terdiam dan diam ketika beliau menyatakan hal itu untuk pertama kalinya dengan suasana yang romantis dan dihadapan orang banyak ketika itu, disaat sempurna sang mentari tlah hilang di ufuk barat. Aku mendapatkan lamarannya ketika itu dan saya bahagia sekali karenanya ada orang yang benar – benar nrimo dan serius denganku. Kemudian kami pun berpelukan mesra untuk sesaat. Namun yang masih saya pertanyakan yaitu kemana sahabatku menghilang ? sera siapakan bayangan hitam yang tadi saya lihat ? apa benar bahwa sahabatku itu menghilang dan menggantikan saya dengan sosok pacar yang ibarat dengamu supaya saya masih dapat mencicipi kehadiran sosok sahabatku dalam raga pacarku yang kini menjadi tunanganku ? gumamku dalam hati. Hmmm… entahlah, ini memang misteri yang takan pernah mampu saya pecahkan, tapi yang pasti saya bahagia dengannya meski saya tak tau kenapa sahabatku pergi secara tiba – tiba.  
Santi Wulandari

Profil Penulis:
Santi Wulandari itulah namaku, perempuan manis yang masih kekanak - kanakan, saya dilahirkan di Bandung 11 maret 1996, tapi saya berusaha untuk menjadi dewasa, berusaha menjadi yang lebih baik dari kemarin. Kini ku tinggal di Cimahi Utara. jangan lupa add Fb-ku ya...

Fb : Santi Guance paffute

Previous
Next Post »