#4 Teknik Cara Membuat Dan Merancang Batik

#4 teknik cara membuat dan merancang batik ialah pembahasan utama materi pelajaran seni budaya yang akan dijelaskan dengan lengkap dan detail pada materi belajar berikut ini. Adapun sub pembahasan mengenai Merancang Karya Seni Kriya Tekstil (Batik) didalam mencar ilmu seni, budaya dan keterampilan yang akan diuraikan yakni sebagai berikut :

1. Teknik canting tulis.
2. Teknik celup ikat.
3. Teknik printing dan cap.
4. Teknik colet.

Batik merupakan hasil dari kreativitas orang-orang yang memiliki jiwa seni yang tergolong tinggi. Pada setiap wilayah atau tempat mempunyai keunikan-keunikan tersendiri dalam teknik pembuatan, motif dan makna simboliknya.
#4 teknik cara membuat dan merancang batik ialah teknik canting tulis, teknik celup ikat, teknik printing dan cap dan teknik colet.
Baca juga : Pengertian Dan Contoh Karya Seni Kriya Tekstil

Teknik cara membuat dan merancang batik

Dibawah ini terdapat #4 teknik cara membuat serta merancang batik yang diantaranya ialah antara lain sebagai berikut :

#1. Teknik canting tulis
Teknik canting tulis ialah sebuah teknik membatik yang dengan cara memakai alat yang disebut dengan canting, biasanya alat ini digunakan di Jawa. Adapun fungsi canting ialah untuk menorehkan cairan malam disebagian rujukan pada kain mori.

Dalam teknik canting ini butuh ketelitian serta keuletan seniman yang tinggi, oleh alasannya itu batik tulis dengan teknik ini terbilang mahal. Membatik berdasarkan dengan teknik dan cara canting tulis disebut juga dengan teknik membatik tradisional.

#2. Teknik celup ikat
Teknik celup ikat ialah sebuah teknik membuat motif pada kain yang berdasarkan dengan cara mengikat sebagian dari kain dan selanjutnya dicelupkan kedalam larutan pewarna. Kemudian sesudah kain tersebut diangkat dari larutan pewarna, ikatan pada kain selanjutnya dibuka biar bab yang telah diikat tersebut tak terkena warna.

Teknik celup ikat juga dapat dilakukan dengan cara disuntik, disiram, spray dan lain sebagainya. Teknik celup ikat memakai tali, benang dan karet yang berfungsi sebagai materi penghambat (perintang) warna. Teknik ini dikenal juga dengan sebutan Sasirangan pada tempat Banjar masin, Pelangi pada tempat Palembang, jumputan dan tritik pada tempat Jawa Tengah dan Yogyakarta.

#3. Teknik printing dan cap
Teknik printing dan cap ialah sebuah teknik membatik dengan cara menggunakan canting cap. Canting cap ialah sebuah pelat yang berisikan dengan gambar-gambar yang muncul atau timbul. Adapun proses pembuatan dengan teknik ini ialah permukaan dari canting cap dicelup kedalam cairan malam dan selanjutnya di capkan pada kain mori setelah itu akan meninggalkan motif. Keuntungan yang didapatkan dalam teknik canting cap ialah pada proses pemalaman tergolong lebih cepat.

Hal tersebut tidak sama dengan batik cap, alasannya batik printing dalam proses pewarnaan terdapat hanya satu sisi saja pada kain mori dan juga batik sablon printing tergolong cepat pudar. Namun kelebihan teknik batik sablon printing ialah cepat dalam memproduksi, hanya butuh waktu 5 menit saja dalam sekali cetak satu warna serta motif batik yang dihasilkan lebih detail.

#4. Teknik colet (teknik lukis)
Teknik colet atau teknik lukis ialah sebuah teknik membatik dengan cara mewarnai rujukan batik dengan mengoleskan pewarna kain (cat) dengan jenis tertentu menggunakan kuas. Kreativitas, keahlian, pengkombinasian warna dan cita rasa seniman yang tinggi diperlukan pada teknik colet ini.

Adapun gambar yang dihasilkan jikalau semakin kecil, rumit dan detail maka nilai seni dan nilai jual semakin tinggi pada teknik batik colet tersebut. Demikian pembahasan mengenai #4 teknik cara membuat dan merancang batik.
Previous
Next Post »