Pengertian Komputer, Perangkat Keras Dan Perangkat Lunak

Pengertian komputer, perangkat keras dan perangkat lunak yaitu pokok pembahasan bahan pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang akan diuraikan pada materi belajar berikut ini. Adapun sub pembahasan mengenai arti komputer, perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) yang akan dijelaskan yakni :

1. Definisi komputer.
2. Definisi perangkat keras.
3. Bagian-bagian perangkat keras.
4. Contoh perangkat keras.
5. Definisi perangkat lunak.
6. Contoh-contoh perangkat lunak.

Pengertian komputer

Komputer berasal dari kata “to compute” yang artinya yaitu berhitung. Pada sebuah komputer, seluruh informasi diolah kedalam bilangan biner (duan), atau yang disebut juga dengan bit-bit. Bit-bit tersebut terbentuk dalam sinyal-sinyal listrik yang dikirim, disimpan dan kemudian disusun yang secara budi kedalam sirkuit pengolah data.
Pengertian Komputer, Perangkat Keras Dan Perangkat Lunak
Komputer, Perangkat Keras Dan Lunak
Adapun fungsi dari komputer berprinsip dan berdasarkan oleh sebuah teori yakni “prinsip-prinsip mesin van neuman”, dimana membangkitkan intruksi-intruksi yang tersimpan didalam memori (penyimpanan). Kemudian intruksi tersebut dianalisa yang selanjutnya dicari penyelesaiannya dan apabila terdapat suatu persoalan maka akan muncul rangkaian pengontrolan dan kemudian komputer menunjukkan tanda kerusakan atau persoalan pada layar monitor.

Pengertian perangkat keras

Perangkat keras atau hardware yaitu sekumpulan sirkuit eletronik yang terpadu. Sirkuit eletronik tersebut memiliki suatu budi berdasarkan Aljabar Boolen dengan beberapa fungsi yang diciptakan yaitu antara lain menyerupai berikut :

1. Fungsi AND (dan).
2. Fungsi OR (atau).
3. Fungsi NON (pembalik).

Bagian-bagian perangkat keras

Dibawah ini merupakan beberapa bab perangkat keras yang ada pada komputer diantaranya yaitu sebagai berikut :
1. Processor.
2. Memory (unit penyimpanan).
3. Input (unit masukan).
4. Output (media pengeluaran).
5. Unit komunikasi data.

Contoh-contoh perangkat keras

Dibawah ini terdapat beberapa pola perangkat keras (hardware) yang ada pada komputer yaitu antara lain menyerupai berikut :
1. Layar monitor.
2. Modem.
3. Mouse.
4. Keyboard.
5. Hardisk.
6. RAM.
7. Speakers.

Pengertian perangkat lunak

Perangkat lunak atau software yaitu sekumpulan kegiatan yang berfungsi untuk mengoperasikan suatu komputer, yang mana perangkat lunak mampu dilihat pada menu-menu yang ada didalam komputer dalam bentuk aplikasi. Perangkat lunak inilah yang selalu banyak digunakan seseorang untuk mampu mengoperasikan sebuah komputer.

Contoh-contoh perangkat lunak

Dibawah ini terdapat beberapa pola perangkat lunak (software) yang ada pada komputer yaitu antara lain menyerupai berikut :
1. Microsoft Office.
2. Notepad.
3. Bluetooth.
4. Calculator.
5. Adobe Photoshop.
6. Corel Draw.
7. Paint.

Baca juga : Macam-Macam Komputer

Demikian pembahasan mengenai pengertian komputer, perangkat keras dan perangkat lunak, agar bermanfaat dan dapat menjadi rujukan informasi didalam mengetahui definisi komputer, perangkat keras dan perangkat lunak serta perbedaan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).
Previous
Next Post »