#5 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi (Alam, Benda , Hewan, Lingkungan Dan Sekolah)

#5 pola teks laporan hasil observasi dengan tema alam, benda, hewan, lingkungan serta sekolah merupakan tiga pokok pembahasan materi pelajaran bahasa indonesia yang akan dijelaskan dengan lengkap dan detail pada materi belajar berikut ini. Adapun sub pembahasan mengenai Teks Laporan Hasil Observasi didalam berguru pendidikan bahasa indonesia ini telah sesuai dengan struktur dan kaidah yang berdasarkan dengan 5W+1H (what, when, where, why, who dan how). Sehingga yang akan diuraikan yakni sebagai berikut :

1. Pengertian teks laporan observasi.
2. #3 struktur teks laporan observasi.
3. #5 kaidah teks laporan observasi.
4. #5 pola teks laporan observasi perihal alam, benda, hewan, lingkungan serta sekolah.

Pengertian teks laporan observasi

Teks laporan observasi ialah sebuah teks yang didalamnya berisikan pembagian terstruktur mengenai perihal suatu jenis/macam hal dengan atas dasar kriteria tertentu, yang mana sifat dari teks laporan observasi itu sendiri bersifat global (umum) dan juga bersifat universal (merata/adil).
#5 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi (Alam, Benda , Hewan, Lingkungan Dan Sekolah)
Baca juga : TEKS ULASAN (Pengertian, Definisi, Struktur Serta Contoh Teks Ulasan)

#3 struktur teks laporan observasi

Adapun didalam isi teks laporan observasi, terdapat tiga struktur yakni antara lain sebagai berikut :
1. Definisi/pengertian umum.
2. Deskripsi bagian.
3. Deskripsi manfaat.

#5 kaidah teks laporan observasi

Dibawah ini ialah lima kaidah kebahasaan yang terdapat didalam isi teks laporan observasi yang dapat membedakan antara teks laporan observasi dengan jenis teks lain. Berikut penjelasan dan uraian ke #5 kaidah kebahasaan teks laporan observasi :

1. Teks laporan observasi ialah sebuah hasil penelitian / pengamatan yang tergolong terbaru dan update.
2. Bersifat merata, tanpa memandang suku, agama dan ras (universal).
3. Bahasa yang di gunakan didalam teks laporan observasi ialah bahasa Indonesia yang baik, benar dan sesuai dengan ejaan yang disempurnakan (EYD) serta juga sesuai dengan kamus besar bahasa indonesia (KBBI).
4. Objek yang di bahas didalam teks laporan observasi merupakan objek tunggal (satu).
5. Didalam teks laporan observasi tidak terdapat adanya adegan penutup yang ditulis oleh penulis/pengarang.
Baca juga : Langkah Penulisan Teks Prosedur Kompleks Dan Hal Yang Harus Diperhatikan

Contoh teks laporan observasi

Berikut ini ialah lima pola teks laporan observasi dengan tema alam, benda, hewan, lingkungan serta sekolah. Simak dan perhatikan #5 pola teks laporan observasi berikut ini :

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Alam

Macam-macam Hujan
Hujan merupakan proses turunnya air dari langit menuju permukaan bumi yang terbentuk dari banyak sekali tahapan yang sistematis dan merupakan suatu keadaan yang terjadi secara berulang. Yang dimaksud dengan berulang ialah air yang turun dari langit, akan kembali naik menuju langit melalui proses penguapan. Hujan banyak jenisnya. Di Indonesia terdapat tiga macam jenis hujan yakni antara lain menyerupai hujan frontal, hujan orografis dan hujan zenith.

Hujan frontal ialah hujan yang disebabkan oleh bertemunya angin ekspresi dominan panas yang membawa uap air yang lembab dengan udara hirau taacuh bersuhu rendah sehingga menyebabkan pengembunan di udara yang pada kesannya menurunkan hujan.

Hujan orografis ialah hujan yang diakibatkan oleh adanya uap air yang terbawa atau tertiup angin hingga naik ke atas pegunungan dan membentuk awan. Ketika awan telah mencapai titik jenuh maka akan turun hujan.

Hujan zenit ialah hujan yang penyebabnya ialah suhu yang panas pada garis khatulistiwa sehingga memicu penguapan air ke atas langit bertemu dengan udara yang hirau taacuh menjadi hujan. Hujan zenit terjadi di sekitar tempat garis khatulistiwa saja.

Biasanya, hujan di Indonesia terjadi pada dikala muson barat yakni tepatnya pada bulan Oktober hingga April, akan tetapi pada dikala ini hujan di Indonesia sudah tidak menentu yang mungkin disebabkan oleh perubahan iklim dari pemanasan global.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Benda

Jenis-Jenis Minuman
Minuman ialah segala sesuatu yang dapat dikonsumsi dan dapat menghilangkan rasa haus, biasanya berbentuk cair. Minuman dapat dibedakan berdasarkan khasiatnya sebagai obat atau tidak, penggunaan pewarna dan produksi yang menghasilkan minuman tersebut.

Minuman ada yang berguna bagi tubuh, ada juga yang hanya sebagai penghilang rasa haus. Minuman yang berguna bagi badan dapat dibuat sendiri, bisa dibuat dari sayuran dan buah-buahan yang di blender dan menghasilkan jus. Jus banyak mengandung vitamin dan serat yang baik untuk kesehatan, dan bermanfaat bagi daya tahan tubuh.

Minuman yang hanya menghilangkan rasa haus juga banyak beredar, menyerupai air putih dalam kemasan yang diminum dalam keadaan haus atau minuman kemasan yang tidak mengandung vitamin dan serat. Minuman banyak warnanya, pewarna yang digunakan ada yang alami ada juga yang buatan.

Pewarna alami ialah pewarna yang mengandalkan bahan-bahan yang tersedia di alam, misalnya menyerupai kunyit yang menghasilkan warna kuning. Biasanya digunakan untuk minuman yang berguna bagi tubuh, contohnya biasanya digunakan pada jamu.

Pewarna buatan ialah pewarna yang terbuat dari materi kimia ataupun materi alami yang diproses secara kimiawi, menyerupai pewarna tartrazin yang menghasilkan warna kuning. Biasanya digunakan untuk minuman yang di produksi secara massal di pabrik, misalnya minuman-minuman yang di jual di supermarket.

Minuman yang beredar, ada yang di produksi secara massal di pabrik ada juga yang di buat di industri rumahan. Minuman produksi pabrik jikalau dilihat dari tampilannya, kemasan yang digunakan lebih menarik, terdapat nama pabrik dan isyarat produksinya, terdapat tanggal kadaluarsa, dan terdapat kafe isyarat untuk penjualan di supermarket.

Sedangkan minuman produksi rumahan, kemasan yang digunakan sederhana, tidak ada kafe isyarat yang digunakan untuk penjualan di supermarket, dan jarang mencantumkan tanggal kadaluarsa pada kemasannya.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Hewan

Kupu-kupu
Kupu-kupu masuk kedalam kingdom Animalia. Artinya kupu-kupu ialah hewan. Kingdom Animalia ialah kingdom yang anggota-anggotanya terdiri dari banyak sekali macam hewan. Di dunia ini ada banyak sekali macam kingdom mahluk hidup, diantaranya ialah menyerupai Protista, Jamur (Fungi), Monera, dan Animalia.

Dari kingdom Animalia, kupu-kupu masuk kedalam filum Arthropoda. Arthropoda ialah filum yang anggotanya ialah hewan yang berkaki beruas-ruas atau berbuku-buku. Kupu-kupu merupakan hewan yang cukup beruntung karena masuk ke dalam filum yang merupakan filum hewan paling besar dalam jumlah maupun tempat distribusinya. Arthropoda dibagi menjadi 4 kelas lagi yakni Crustacea, Insecta, Arachnida, dan Myrrapoda. Kupu-kupu masuk ke dalam kelas Insecta.

Kupu-kupu merupakan hewan Insecta yang bersayap (Pterygota). Sayap kupu-kupu sangat indah, terdapat banyak sekali macam motif. Sayap kupu-kupu termasuk jenis sayap yang bersisik (Lepidoptera). Banyak orang yang terkagum-kagum dengan uniknya sayap kupu-kupu hingga mengawetkannya untuk dijadikan hewan koleksi. Salah satu dari fungsi sayap kupu-kupu ialah untuk membedakan jenis-jenisnya.

Dalam perkembangan menuju kedewasaan, Pterygota mengalami metamorfosis. Metamorfosis pada Pterygota dapat dibedakan menjadi dua yakni Hemimetabola dan Holometabola . hemimetabola yaitu serangga yang mengalami metamorfosis tidak sempurna. Sedangkan Holometabola yaitu serangga yang mengalami metamorfisis sempurna. Kupu-kupu termasuk dalam golongan Holometabola karena mengalami metamorfosis tepat dari ulat menjadi kupu-kupu dengan tahapan yakni telur, larva(ulat), pupa dan imago.

Di balik keindahan nya, kupu-kupu juga mempunyai fungsi dalam ekosistem. Salah satunya ialah untuk membantu tumbuhan melaksanakan penyerbukan. Bahkan ada juga kupu-kupu yang menghasilkan benang-benang sutra, yaitu kupu-kupu Bombix Mori namanya.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Lingkungan

Sampah
Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah dapat bersumber dari alam, manusia, konsumsi, nuklir, industri, dan pertambangan. Sampah di bumi akan terus bertambah selama masih ada kegiatan yang dilakukan oleh baik alam maupun manusia. Sampah yang dihasilkan di Indonesia mencapai 11.330 ton per hari. Sampah dapat dibedakan berdasarkan sifat dan bentuknya. Berdasarkan sifatnya, sampah bibagi menjadi dua, yaitu sampah organik dan anorganik.

Sampah organik merupakan sampah yang dapat diuraikan atau degradable. Contoh sampah organik ialah sampah yang mudah membusuk menyerupai sisa makanan, sayuran, daun-daun kering, dan lain sebagainya. Sampah ini dapat diolah menjadi kompos.

Sedangkan sampah anorganik merupakan sampah yang tidak mudah diuraikan atau undegradable. Contoh sampah anorganik ialah sampah yang tidak mudah membusuk, menyerupai plastik, kayu, kaca, kaleng, dan lain sebagainya. Sampah anorganik di daur ulang oleh industri rumahan untuk mengurangi jumlah sampah serta dijadikan sebagai peluang usaha.

Berdasarkan bentuknya, sampah dapat dibedakan menjadi sampah padat, cair, alam, konsumsi, insan dan radioaktif.

Sampah padat ialah sampah yang berwujud padat. Sampah padat dapat berupa sampah rumah tangga misalnya menyerupai sampah dapur, kebun, plastik, metal, gelas dan lain-lain. Sampah organik dan anorganik termasuk sampah padat. Sampah ini dapat dibedakan berdasarkan kemampuan diurai oleh alam atau biodegrability menjadi sampah padat biodegradable (sampah yang dapat diuraikan oleh proses biologi) dan sampah padat non-biodegradable (tidak dapat diuraikan oleh suatu proses biologi. Sampah padat non-biodegradable ada dua jenis yaitu recyclable (dapat diolah kembali) dan non-recyclable (tidak dapat diolah kembali).

Sampah cair ialah materi cairan yang telah digunakan dan tidak dibutuhkan lagi, misalnya menyerupai limbah. Limbah ialah sampah cair yang dihasikan dari kegiatan industri. Limbah dapat dibagi menjadi dua yaitu limbah hitam dan limbah rumah tangga. Limbah hitam ialah sampah cair yang mengandung patogen berbahaya yang berasal dari toilet, sedangkan limbah rumah tangga ialah sampah cair yang dihasilkan dari dapur, kamar mandi, dan tempat cucian.

Sampah alam ialah sampah yang diproduksi oleh alam dan diuraikan melalui proses daur ulang alami. Contoh dari sampah alam ialah daun kering di hutan yang terurai menjadi tanah. Sampah insan ialah istilah yang digunakan terhadap hasil-hasil pencernaan manusia, menyerupai feses dan urin. Sampah insan dapat mengakibatkan dampak negatif bagi kesehatan insan karena dapat dikatakan sebagai sarana perkembangan penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

Sampah konsumsi ialah sampah yang dihasilkan oleh kegiatan konsumsi insan dan dibuang ke tempat sampah. Jumlah sampah konsumsi hingga sekarang tidak melebihi jumlah sampah industri. Limbah radioaktif ialah sampah nuklir yang merupakan hasil dari fusi nuklir dan fisi nuklir yang menghasilkan uranium dan thorium.

Limbah radioaktif berbahaya bagi lingkungan dan kehidupan insan karena menghasilkan radiasi yang berdampak buruk terhadap kesehatan manusia. Oleh karena itu sampah nuklir disimpan ditempat-tempat yang tidak berpotensi tinggi untuk melaksanakan aktivitas, tempat-tempat yang dituju biasanya bekas tambang garam atau dasar laut.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Lingkungan Sekolah

SMAN 1 Samboja
SMAN 1 Samboja ialah sekolah menengah atas yang terletak di jalan gunung pasir kelurahan kampung lama kecamatan Samboja kabupaten Kutai Kartanegara. Didalam area lingkungan SMAN 1 Samboja terdiri atas 2 jenis lingkungan yaitu diantaranya ialah lingkungan hidup atau benda hidup (biotik) dan lingkungan tidak hidup atau benda mati (abiotik).

Lingkungan benda hidup terdiri dari banyak sekali tanaman-tanaman hias dan pohon-pohon yang besar. Sedangkan lingkungan benda mati terdiri atas banyak sekali peralatan belajar, gedung-gedung sekolah serta properti milik sekolah. Lingkungan benda hidup yang dimulai dari halaman depan sekolah dan taman-taman kecil yang ada didepan kelas dengan ditumbuhi rumput-rumput yang hijau dan tanaman-tanaman hias.

Tanaman-tanaman hias juga terdapat di depan kantor kepala sekolah, disudut ruang guru dan disudut depan ruang kelas siswa. Tanaman hias yang ada di lingkungan SMAN 1 Samboja bemacam-macam jenisnya, yang diantaranya ialah menyerupai bunga melati, bunga mawar, bunga kembang sepatu, bunga anggrek, bunga gelombang asmara dan bunga antorium.

Dari jenis pepohonan yang ada di dalam lingkungan SMAN 1 Samboja diantaranya ialah menyerupai pohon mangga, pohon rambutan, pohon nangka, bambu kecil, pohon cemara, pohon jeruk dan pohon jambu. Di halaman belakang ruang kelas ada sisa pekarangan yang kecil yang digunakan dan di manfaatkan untuk menanam beberapa tumbuhan perkebunan menyerupai , lombok, daun sereh, singkong, jagung pepaya, sayur-sayuran, bawang, daun soup, dan pohon tomat.

Selain sering digunakan dan difungsikan untuk keperluan praktikum mata pelajaran Biologi, hasilnya juga dapat dikonsumsi gotong royong disaat adanya kegiatan eksra kulikuler menyerupai pramuka dan kegiatan lainnya. Disebelah lahan kebun kecil, ada juga kolam kecil yang berisikan dengan ikan sepat, ikan gabus/haruan, ikan mas dan ikan gurame. Disamping kolam ikan juga ada sangkar kecil tempat memelihara kelinci.

Selanjutnya lingkungan benda mati berupa gedung sekolah yang terdiri dari ruang kepala sekolah, ruang guru, ruang tata perjuangan (TU), rumah guru, ruang kelas, perpustakaan, musholla, lab komputer, lab bahasa ruang UKS, ruang koperasi, gudang, dan kamar mardi. Berikutnya peralatan sekolah menyerupai meja, kursi, papan tulis, lemari buku, penggaris besar, globe, layar LCD proyektor, rak buku, buku, komputer dan lain sebagainya.

Kemudian ada juga peralatan olahraga menyerupai bola kaki, bola basket, bola tenis, bola voli, bola takraw jaring voli, jaring takraw, jaring bulu tangkis, jaring tenis meja, dan jaring tenis bola. Lapangan terdiri dari lapangan upacara, lapangan bola, lapangan futsal, lapangan voli, lapangan basket, lapangan tenis dan lapangan takraw.

Demikian hasil laporan observasi perihal lingkungan SMAN 1 Samboja berkenaan dengan jenis lingkungan yang ada di sekolah berupa lingkungan benda hidup dan lingkungan benda mati. Keduanya ialah satu kesatuan yang selalu menjadikan sekolah kami asri, cantik dan tentram. Kami selalu sadar akan kebermanfaatan semua yang ada disekolah dengan gotong royong menjaga dan merawat dengan teliti dan tekun.

Demikian pembahasan mengenai #5 pola teks laporan hasil observasi dengan tema alam, benda, hewan, lingkungan serta sekolah.
Previous
Next Post »