Tabah Mengiringi Teguh Karya En. Ulumuddin

TABAH MENGIRINGI TEGUH
Karya En. Ulumuddin

Suatu ketika ada dua orang sahabat. Kedua sahabat ini selalu bersama layaknya pohon mangga yang berbuah dua dalam satu ranting, dan tidak akan terpisah bila tidak ada yang memetik, menimpuki, dan hal lain yang membuat salah satunya ada yang terjatuh, bahkan bila hal tersebut  tidak  terjadi, manggah itu akan selalu bersama hingga ia tua, anyir dan bahkan hingga jatuh dari ranting pohonnya dengan sendirinya,,,   “haha lebay yah..!!

Kedua saahabat ini gres duduk di SMA kelas1,karna gres lulus dari SMP yang dulu merekapun sekolah bersama, bahkan dari SD pun mereka bersama. Dia berdua berjulukan Bayu, dan Firman.

Ketika itu pada hari malam ahad mereka menginap disuatu rumah yang dimanah rumah tersebut yakni rumah guru mengaji mereka yang membolehkan bila libur sekolah para muridnya menginap dirumahnya,,,,

Pada ketika itu bayu dan firman sedang bercurhat wacana dongeng disekolahnya yaitu dongeng sahabat perempuan disekolahnya yang masing-masing  ia sukai.

“Man disekolah siapasih yang loh sukain?" Tanya bayu dengan muka yang penuh rasa ingin tau.  ‘kepo’ 
“Emmm  ada deh bay, kayanya loh nanya gue menyerupai  ini menyerupai ada yang mau loh omongin nih,?? haha.!!!" Jawab firman dengan disambut pertanyaan bercanda dan gelak tawa.
“Hehe iyah man luh tau ajah, ginih man gua suka sama si Sry  man,,!!!"  Jawab bayu dengan malu-malu..
“Ciyeeee  luh serius bay, diakan temen kita dari waktu sekolah SD dan SMP, ko loh mampu suka sih? Kenapa gak dari dulu ajah luh sukanya bay?haha." Kata firman dengan nada menyindir dan bercanda,,
“Hehe iyah man, lama-lama gua perhatiin ternyata beliau sekarang  cantik juga dengan memakai jilbabnya  sekarang,,haha,,!!! Kalo loh siapasih yang loh sukain man, udah jujur ajah pake malu-malu segala sama gua,, hihi.." Kata bayu dengan keponya.
“Emm gua,,,,,   suka sama anak gres bay,,,!!!"  Jawab firman dengan nada rendah malu-malu,,,
“Hah yang bener man, luh suka sama anak baru, si rosa?? Ko mampu man, orang beliau juga gres masuk kurang lebih seminggu disini ko loh udah suka ajah sih, ,?? Haha," Kata bayu dengan kagetnya.
“Haha iyah bay, gue  juga gundah sama diri gue kenapa mampu suka, tapi gue perhatiin sih beliau emang cantik, dan dari tingkah lakunya beliau tuh orang yang baik bay, yah sholehah dah gtuh,,,,,hehe." Jawab firman.
“Haha iyah man gue  juga perhatiin beliau emang menyerupai anak yang sholehah, kan sebelum beliau pindah kesinih beliau tuh pernah  tinggal di poondok pesantren deket sekolahan kita inih." Kata bayu.

Sedang asyiknya bercurhat hari pun tak terasa sudah larut malam dan mereka memutuskan untuk tidur dan berhenti  cerita dan curhat. Keesokan harinya yaitu hari senin mereka pun masuk sekolah , dan terlihat oleh firman, bayu sedang berusaha asyik mendekati sry wanita yang beliau sukainya itu didalam kelas, dan firman tidak memperdulikan apa tujuan bayu mendekati sry,,,, Kemudian waktu itu terdengar kabar bahwa bayu sudah menyatakan cintanya kepada sry, namun sayang karna sry tidak merasa menyukai  bayu balasannya  sry menyerupai tidak memperdulikan cintanya bayu itu, karna bayu yang bersikap merasa mempunyai wajah yang  ganteng ia hanya bersikap biasa-biasa saja karna beliau itu playboy, wanita masih banyak yang mau sama beliau ’fikirnya’.       setelah sepulangnya sekolah  firman  dan bayu yang selalu berdua, mereka memutuskan untuk tidak eksklusif pulang kerumah tapi hendak berjalan-jalan cari hiburan dengan sepedahnya masing-masing, kemudian mereka pun melewati  satu rumah didekat jalan tersebut ternyata rumah salah seorang perempuan sahabat sekelasnya yaitu rosa yg firman pernah dongeng sangat menyukainya dan hingga sekarang  masih menyukainya, dan terlihat didepan rumah rosa pun sedang asik bermain hola-hop dipinggannya, ketika itu juga firman dan bayu melihat  hal tersebut, dan rosa pun tersadar bahwa firman dan bayu sedang memperhatikannya, 

Rosa yang dibilang sholehah,pendiam dan tak banyak bicara itu pun eksklusif memerah mukanya karna menahan malu dilihatnya sedang bermain hola-hop tersebut. Karna tak mau mengganggu dan membuat rosa malu bayu dan firman pun melanjutkan perjalanan pulang kerumah, sambil berjalan bayu dan firman asyik berbincang wacana  rosa yang barusan ia lihat dirumahnya, dan mereka sangat senang terutama firman, karna tidak sengaja ia mengetahui rumah seseorang yang ia sukai, Keesokan harinya gres tiba dikelas dengan rasa malu rosa pun berbicara kepada bayu wacana kejadian kemarin (dipojok kelas).

“Bayu, kemarin emang mau kemanah?  ko mampu tau kalau disituh rumah aku,,??" Tanya rosa,,        
“Hehe iah ros, kemari saya dan firman memang cuma mau niat jalan-jalan saja, eh gak taunnya gak sengaja lewat depan rumah kamu, sebenernya saya dan firman  juga  tidak tau kalo ituh rumah kamu,hihi,,,!!!" Jawab bayu.
“Oh , kenapah eksklusif pergi ajah kenapah gak mampir dulu??" Tanya rosa.
“Udah sore ros, kami mau cepet pulang saja soalnya takut mengganggu kau sedang bermain hola-hop dan nanti sorepun kami berdua ada jadwal mengaji sehabis maghrib."

Saat mereka asik berbincang didpojok kelas itu, firman pun tiba disekolah dan masuk kedalam kelas itu, dan firman pun melihat mereka berdua sedang asyik dan serunya berbincang-bincang dan sesekali mereka tertawa,tersenyum bahagia bersama dan entah apa yang mereka perbincangkan . Karna tak mau mengganggu mereka sedang berbincang firman pun berniat untuk  tidak mengganggu bayu yang sedang berbincang asyik, karna sebenernya ia mau mengembalikan buku bayu yg ia pinjam.

Dan hari demi hari pun ia lewati, pada ketika itu bayu dan firman tidak saling berdua-duaan lagih menyerupai biasanya, karna bayu yang menyerupai menjauh dari firman dan bahkan sepertinya bayu sudah nyaman dekat  dengan rosa begitupun rosa, menyerupai diantara mereka telah muncul buih-buih asmara diantara keduanya dan bahkan bayu pun sudah mempunyai nomor  telpon rosa, yg firman pun belum mempunyainya, karna gimana mau punya nomor telpon, hp pun ia tak punya karna firman lahir dikeluarga yg kurang beruntung(apa adanya). Kemudian dapat berapa minggu, firman dan teman-temannya mendengar kabar bahwa rosa dan bayu sudah saling sama-sama menyukai, tetapi karna lantaran malu, bayu tidak berani menyatakan cintanya kepada rosa. firman yang pendiam itu pun tidak mau ikut campur dengan apa yang terjadi diantara mereka,dan ia hanya menahan rasa sakit, kecewa, sedih dan putus asa.  karna orang yang beliau suka dan cintai telah direnggut oleh temannya,sahabatnya,teman tidurnya bahkan sahabat curhatnya sendiri. Sesekali  firman pun terdiam  seperti tidak menyangka hal ini mampu terjadi, karna ma’lum lah gres mulai beranjak  dewasa dan mengerti apa itu arti cinta, tapi sudah menanggung kecewa dan derita. Kasih yang tidak sampai,cinta yang terbuai, cinta yang bertepuk sebelah tangan.

Kemudian ada seseorang temannya firman yang mengetahui dan ikut perihatin kepada firman. Namanya “andri” sahabat sekelasnya juga dan  anak dari sahabat bapaknya pula.

“Man gue udah denger semuanya, loh  yang sabarya?, udahlah jangan sedih begini, yang udah berlalu yah udah lah, gue  juga ikut ngerasain ko dengan apa yang luh rasain, yaitu gimanah sakitnya dikhianatin,dikecewain,disakitiin, sama teman, sama sahabat, bahkan sama  teman curhat..!!!" Kata andri yang ingin menyemangati firman.
"Gue gak percaya dengan semua ini ndri, gue gak percaya beliau mampu kaya gini, gue gak menyangka ini  bisa terjadi, seorang sahabat yang selalu ada buat gue sekarang sudah tidak selalu ada buat gue tapi selalu ada buat orang yang selalu gue sebut-sebut ke dia, orang yang gue sayang dan bayu pun tau kalo gue sayang dia, orang yang gue cinta dan bayu pun tau kalo gue cinta dia,,!!!" Jawab firman dengan menarik nafas yang dalam dan mata yang menahan jatuhnya air mata itu.
“Iyah man, gue juga gak abis fikir sama bayu, ko bisa-bisanya beliau bersikap kaya gituh, beliau kan tau luh suka sama rosa.  kenapa beliau rebut juga? , “AH dasar Temen Makan Temen…!!" Kata andri dengan kesalnya.
“Gue udah fikirin matang-matang, mulai detik ini gue mau berhenti mengejar rosa, karna gua sadar gua emang lemah dan tak punya apah-apah. Gak menyerupai beliau yang mau apah saja hari itu beliau bilang maunya hari ituh ada buat dia. Dan gue sebaliknya apah-apah yg gue mau, hari ini bilang, hari demi hari,minggu demi minggu, bulan demi bulan, bahkan tahun demi tahun gres apah yang gue mau mampu ada buat gue,,,,!!!" Kata firman dengan mata yang berkaca-kaca.
“Ko luh nyerah gitu ajah sih men,, kita kan gres denger kabar bahwa beliau Cuma gres suka sama suka, mereka belum jadian kan men? Jangan putus asa gituh dong loh,,,,?  Loh masih punya kesempatan buat milikin rosa, jangan putus asa begitulah SEMANGAT perjuangin cinta loh terus, pantang lelaki berhenti  sebelum ia dapat apa yang beliau cari." Kata semangat dari andri.
“Tapi ndrii luh kan tau, beliau ituh sudah saling menyukai, sebagai seorang sahabat, gue gak mao membuat sahabat gue bayu menderita lantaran gua mau merebut lagi rosa dari dia, gua sendiri udah mencicipi gimanah sakitnya digituin. Biarlah gua yang mencicipi jangan  sahabat gue ituh yang mencicipi karna begitu besar rasa sakitnya . Gua juga pernah berkeyakinan mau membahagiakan orang yang gue sukai, sayangi, cintai, maka dari itu gue berkeyakinan lagi bahwa rosa tidak akan bahagia karna bersama orang yang rosa tidak cintai, dan tak mengapa rosa bersama bayu yang penting ”ROSA BAHAGIA” itulah yang gua mau dan sesuai harapan gue membuat rosa bahagia!!!!" Kata firman dengan air mata yang tak terbendung lagi…
“Yah kalo ituh keputusan yang loh ambil yaudah terserah dah, yang penting gua dah nasehatin luh, jangan pernah mengalah mengejar cinta luh…!!!"  Kata andri.
“Iyah makasih yah loh dah perhatian sama gue, makasih yah ndri makasih banget,..!!!!" Kata firman.

Tabah Mengiringi Teguh  Karya En. Ulumuddin

Kemudian selepas kejadian ituh andri sering main kerumah firman, dan mereka pun saling dekat menyerupai  firman dulunya bersama bayu, kemudian tak terasa sudah hampir lima bulan mereka sekolah dan bayu dan rosa pun masih saling berdekatan, tapi tidak dalam ikatan pacaran, mereka hanya suka sama suka, karna rosa yang tak ingin pacaran terlebih dahulu karna menurutnya usia yang masih muda itu belum hingga kata pantas untuk pacaran. Kemudian dilain itu andri ingin bermain kerumah firman dan sesampainya dirumah firman ternyata firman sedang  tidak ada dirumah, hanya ada IDA, yaitu kakak perempuan firman yang selisih 2tahun dari firman dan andri juga, dan ida pun satu sekolah bersama mereka ida duduk dikelas 3,  kemudian karna tidak ada firman balasannya andri pun mengatakan semua yang terjadi kepada ida yaitu kisah firman yang sedang sakit hati lantaran sahabatnya, karna tidak tega mendengar dongeng dari andri wacana adiknya, ida membuat janji bersama andri. Karna bayu dan rosa tidak kunjung jadian, maka ida dan andri sepakat membuat SURAT CINTA yang isinya firman menyatakan cinta kepada rosa dan firman ingin rosa menjadi kekasihnya, dan menyerupai tanda balas dendam kepada bayu yang sudah menyakiti firman dan surat pun dikirim oleh andri kepada rosa tanpa sepengetahuan firman.

Keesokan harinya disekolah. Datang juga sepucuk surat jawaban dari rosa kepada firman, karna merasa tak tau apa-apa firman pun hanya terdiam gundah dan merasa kaget. Dia hanya berfikir  “surat apah ini”. Kemudian ida kakak firman dan andri pun menghampiri firman dan ikut melihat apah isi surat itu, dan bersama dibukanya surat itu ternyata surat PENERIMAAN CINTA firman kepada rosa ,karna rosa tau begitu tulusnya cinta firman kepadanya. Dan rosa tau bahwa firman itu sudah mencintainya begitu lamanya.

Bersamaan itu alangkah bahagianya firman, karna tanpa sepengetahuannya kakak dan sahabatnya andri begitu mendukungnya hingga mereka berdua rela membuat  surat palsu wacana beliau kepada rosa, yang firman tidak mengetahuinya.

Karna rosa pun meminta jawaban surat itu, firman pun segera membalasnya dengan goresan pena tangannya sendiri karna rosa yang meminta surat itu ditulis oleh tangan firman sendiri, karna surat yang sebelumnya itu ditulis oleh kakaknya,,,,

Kemudian firman pun membalas surat itu dan mengatakan hal yang sebenernya bahwa surat itu bukan lantaran firman yang buat tapi kakaknya dan andri yang membuatnya, karna sudah terlanjur dan merasa sangat bahagia  akhirnya firman pun melanjutkan ikatan cinta itu(pacaran) dan kemudian  barulah ada keberanian firman untuk meminta nomer telpon rosa, untuk sms atau telponan, itupun tidak pakai telponnya firman sendiri tapi telpon kakaknya( ida)  Karna firman masih belum mempunyai telpon/hp.

Kemudian hari demi hari ia lewati dalam ikatan pacaran , karna saling bersikap malu sama malu, mereka pun tidak pernah mengobrol,becanda,bertatap muka bahkan tidak pernah saling menegur satu sama lain, hanya saling memandang dari kejauhan meskipun ia satu kelas disekolah, mereka hanya berkomunikasi melalui hp, walaupun begitu mereka sms’an atau telponan ituh karna firman lah yang memulai dahulu, kalau firman yang tidak memulainya dahulu maka mampu seharian mereka tidak ngobrol/sms atau sebagainya. Dan firman pun merasa ajaib sama sikap kekasihnya, karna firman tau dan pernah mendengar dari temannya kalo bayu dan rosa masih sering berkomunikasi melalui hp, dan tidak menunggu bayu dahulu yang memulai, bahkan sering juga rosa yang memulainya dahulu menanyakan kabarnya bayu , mengucapkan selamat pagi,siang dan  malam kepada bayu tanpa bayu memulainya dahulu….


Tak terasa sudah seminggu firman dan rosa jadian dan firman merasa tidak ada yang spesial perlakuan rosa kekeasihnya itu terhadapnya, kemudian didalam kelas rosa,bayu,sry,dan bahkan ada andri sahabatnya itu sedang berkumpul bersama-sama didalam kelas, ketika itu firman pun melihatnya  dan begitupun mereka melihat firman yang gres datang dan sama sekali tidak memperdulikan firman, begitupun kekasihnya rosa tidak juga memperdulikan firman karna sangat asyiknya mereka berbincang bersama.  Kemudian karna merasa dicuekin itu firman hanya duduk dipojok kelas seorang diri, dan hanya terdiam, dan sesekali ia menundukan kepalanya, dan menaruh kepalanya diatas meja,dengan beralaskan tangannya.  Bersamaan itu datang lah andri duduk disamping firman dan hendak memperlihatkan surat kepada firman. Firman yang sedang tertunduk pun berdiri dan mengambil surat itu dan eksklusif dibacanya, ternyata surat itu datang dari rosa yang masih duduk kumpul bersama yang lainnya ,surat yang isinya rosa minta maaf karna mencuekin firman dikelas itu, dan rosa terus terperinci kepada firman, karna sikapnya rosa itu rosa ingin tidak menyakiti firman lagih karna sering duduk sama cowok lain, rosa pun mengatakan hal yang gotong royong dan membuat firman sakit. 


Isi lain surat itu:
“Maf yah firman saya tau kau sering sakit hati karna aku, maka dari itu saya ingin kita sudahi kekerabatan ini saja karna saya tidak mau membuatmu terus-terusan sakit hati karna aku, saya juga mau jujur sebenernya kemarin saya terima kau  jadi pacarku itu sebenernya tidak dari hati dan cintaku, saya mendapatkan kau hanya lantaran saya tidak mau nyakitin kau dan hanya menghargai kau karna kau sudah lama mencintai ku, sekali lagi maafin saya yah man saya yakin suatu ketika kau akan dapat wanita yang lebih baik dan cantik dari aku. Mudah-mudahan kau mampu cepat melupakan aku,menghapus cintamu kepadaku,   Sekali lagi maaf yah.  (ROSA).

Setelah membaca surat itu firman hanya terdiam dan menundukan kepala yang beralaskan tangannya itu lagi dan hanya mampu terima apah yang sudah terjadi, karna “mau gimanah lagih inih sudah terjadi, saya sudah tau kalau cinta beliau benar-benar bukan untuk ku,”  kata dari hati firman yang menjerit menahan rasa sakit. Kemudian tak terasa mereka sekolah sudah setahun lamanya, dan disekolah pun ingin merayakan perpisahan sekolah dengan mengadakan pentas seni disekolah. Beberapa ahad sebelum pentas seni dimulai, anak murid pun dipersiapkan untuk mampu tampil di pentas seni tersebut, maka diadakan lah latian derama dan sebagainya. Dan bersamaan itu juga firman dan sahabatnya andri,dan bayu, dan sahabat sekelasnya yang lain pun terpilih dari kalangan laki-laki lima orang dan dari kalangan wanita lima orang, dan kebetulan diantara wanita itu rosa pun terpilih pentas bersama-sama dengan Sry dan sahabat lainya.

Kemudian waktu itu hari ahad hari libur untuk para murid akan tetapi tidak bagi siswa yang terpilih untuk pentas seni. Firman pun datang kesekolah untuk latihan begitu pun bayu,andri dan tujuh sahabat lainyya termasuk rosa. Dan kebetulan sekali pada waktu itu tanggal 22 MEI. Dimana sempurna pada hari dimanah hari ulang tahunnya rosa, dan teman-temannya yang lain tidak ingat, sekalipun bayu yang masih suka juga sama rosa. dan hanya firman yang ingat akan ituh, karna itu firman pun membuat kado untuk menghadiahkannya kepada rosa, meskipun ia bukan pacarnya lagi, tapi firman masih tetap mencintai rosa, dan tidak ada yang menggantikannya dihatinya. Dan setelah latihan pentas seninya firman pun ingin  mengasih hadiah itu kepada rosa berikut ucapan selamat ulang tahun darinya. dan kemudian lantaran malunya firman pun tak berani mengasih hadiah itu dan ia meminta tolong kepada ANA, yaitu sahabatnya rosa untuk mengasih hadiah itu kerosa. Kemudian setelah dikasih hadiah itu kerosa, alangkah bahagianya firman dan firman sudah menyangka pasti rosa akan berterima kasih kepadanya, karna hanya beliau yang ingat akan hari ulang tahunnya dan hanya firman satu satunya yang mengasih hadiah ke rosa,

Kemudian Ana sahabatnya rosa setelah mengasih hadiah kerosa eksklusif menghampiri  firman yang sedang duduk istirahat bersama bayu, andri dan yang lainnya.

“Firman, kata rosa terimakasih banyak atas hadiahnya, tapi rosa berpesan firman gak usah lagi nantinya mengasih hadiah atau apa-apa  hanya cukup beri ucapan selamat saja buat rosa ituh juga sudah cukup, dan rosa bilang yang sejujurnya kalo rosa itu masih belum mampu mencintai firman, karna rosa bilang beliau masih ada rasa suka dan cinta sama bayu, dan rosa meminta maaf juga…!!!" Kata ana yang memberikan pesan rosa.

Dan kaget Mendengar kabar tersebut bukan rasa senang dan bangga yang firman dapat, tapi lagi-lagi rasa sakit dan sedih yang ia dapat karna perkataan rosa itu.  Bersamaan itu bayu yang mendengar perkataan ana dari rosa itu merasa sangat bahagia, dan timbul rasa berani untuk menyatakan kalau beliau pun mencintai rosa dan ingin rosa menjadi kekasih nya. Kemudian dapat beberapa hari bayu menyatakan cinyantanya dan rosa menerimanya dan mereka pun berpacaran, dan firman pun hanya mampu membisu menyerupai semula, ia hanya menyerahkan semuanya kepada tuhan, karna tuhanlah yang mengatur semuanya, dan semua yang terjadi tidak mungkin tidak dengan kehendaknya. Kemudian disaat mereka jadian sikap bayu yang dulu baik, menjelma orang yang iseng, jail, susah diatur,bahkan bayu yang tidak merokok sekarang sudah menjadi orang yang perokok dan firman pun tak tau kenapa ia menjadi menyerupai itu. dan rosa orang yang baik dan sholehah itu pun semakin hari semakin jenuh melihat kekasihnya yang  bersikap menyerupai itu. Dan rosa menanyakan hal itu kepada firman lewat sms, dan firman hanya mengatakan:

“Tidak ko ros bayu itu masih baik sampe sekarang, dan tidak ada yang berubah pada dirinya” kata bayu yang ingin menutupi kejelekan orang lain meski orang itu pernah menyakitinya.

Kemudian karna rosa sudah mulai percaya sama firman rosa pun percaya kalo bayu kekasihnya ituh tidak berubah. Keesokan harinya mereka masuk lagi kesekolah dan terlihat bayu tidak masuk sekolah dan latihan pentas seni juga tak datang dan rosa pun menanyakan hal tersebut kepada kawannya tapi tak ada yang mengetahuinya begitu juga firman,

Keesokan harinya bayu pun masuk sekolah waktu jam pelajaran ada seorang guru yang masuk kedalam kelas meminta ijin membawa sebagian murid tersebut kekantor, ternyata bayu pun ikut di bawa kekantor, ternyata ia dipanggil kekantor lantaran iah mangkir sekolah. Mendengar hal tersebut rosa yang baik dan sholehah itu sudah kehabisan tabah dan  benar bahwa bayu itu telah berubah dan tanpa fikir panjang karna rosa sudah jenuh dengan kekasihnya itu rosa pun eksklusif memutuskan cintanya kepada bayumelalui hpnya. Dan firman yang masih cinta sama rosa mendengar hal tersebut hanya mampu membisu tidak mau bicara apa-apa karna itu problem dia, dan firman tak mau ikut campur.

Kemudian sampailah saatnya pentas seni perpisahan sekolah firman dan sahabatnya andri, dan juga bayu dan yang  lainnya termasuk rosa,  tampil dalam pentas tersebut . pentas seni  berjalan lancar dan sesuai yang diinginkan sang guru,  dan sebentar lagi mereka akan naik ke kelas2 SMA, dan untuk merayakan kenaikannya ituh, firman dan yang lainnya termasuk rosa diundang kerumah temannya indah,  karna rumah bagus dekat dari sekolah mereka pun bersama-sama  hanya jalan kaki kerumah indah. Karna ada urusan firman dan bayu pun ijin pulang terlebih dahulu. Kemudian setelah pulangnya firman dari rumah bagus terlihat andri sedang mendekati rosa, dan terdengarkabar bahwa andri itu sedang membicarakan temannya dan sahabatnya (Firman dan Bayu) bukan omongan yang baik yang andri sampaikan ke rosa melainkan semua kejelekan firman dan bayu, andri bongkar semua yang ia tau kejelekan sahabatnya firman,dan temannya bayu itu.  Dan karna rosa sudah berfikir buruk wacana andri dan firman karna omongan andri Dan rosa yang sudah tidak punya kekasih itu(jomblo) memberi peluang kepada andri untuk menyatakan cintanya kepada rosa, dan ternyata beliau pun mencintai rosa tanpa sepengetahuan firman dan ma’lum lah rosa yang berparas cantik,akhlaq yang baik itu banyak lelaki yang tertarik padanya,

Dan dilain itu setelah mendapat kabar bahwa firman sudah dijelek-jelekin sama sahabatnya didepan wanita yang ia sukainya itu firman hanya terdiam lagih dan sebaliknya bayu yang mendengar telah di jelek-jelekin didepan orang yang pernah dekat dengan beliau bayu lantas membenci andri sehabis-habisnya kebencian. Kemudian firman yang merasa di khianatin oleh sahabatnya untuk yang kedua kalinya ini firman masih belum percaya ternyata yang selama ini menemani firman dalam kesusahan,kesedihan, ketika kecewa dimanah sahabatnya dulu mengkhianatinya,tapi beliau pun menghianatinya,,  kemudian  firman pun mencicipi lagi apah yang dulu ia rasakan karna beliau juga gak percaya kalo andri begitu mencintai  rosa,  tapi banyak isu kalau andri tidak diterima rosa karna banyak orang yang tau kalo andri itu orang yang suka cari perhatian sama orang bahkan sama guru pun iah suka cari perhatian dan rosa pun tau kalau orang yang selalu membuka kejelekan dan malu orang itu yakni orang yang buruk dan tidak baik perilakunya….

Mendengar hal tersebut tetap saja firman masih kecewa, tapi firman tidak menerangkan kekecewaannya itu kepada teman-temannya disekolah bahkan kepada andri, beliau hanya bersikap merasa tidak tau dengan apa yang terjadi. Kemudian naiklah mereka kekelas2 SMA, dan begitu lamanya dari awal kelas1 hingga kelas2 hampir setahun perasaan firman belum pernah menghilang kepada orang yang ia sukai,sayangi,cintai yaitu rosa. Ia pun masih sering sms rosa menanyakan kabar, meski sikap rosa masih belum berubah kepada firman. Dan firman pun tidak mau mengalah mengejar cintanya karna ia mendengar kata-kata semangat sahabatnya, “pantang lelaki berhenti sebelum ia dapat apa yang ia cari” perkataan itulah yang membuat firman semangat, meskipun perkataan itu keluar dari lisan yang pernah menjelekannya,menghianatinya bahkan menusuknya dari belakang. Kemudian  karna seringnya firman sms dan tak pernah berhenti setiap hari menanyakan kabar kepada rosa melalui sms, mengucapkan selamat pagi,siang,sore bahkan malam.  rosa pun sedikit demi sedikit, timbul rasa dimana rosa merasa firman itu cowok yang baik, setia, dan tidak main-main cintanya kepada rosa. Dan rosa pun mencicipi bagaimana rasa cintanya firman ke dirinya pun blum hilang karna terlihat sekali firman memandangi rosa ketika rosa tak balik memandangnya, dan ketika rosa berbalik memandanginya, firman eksklusif membuang mukanya karna malu dirinya sedang asyik memandangi rosa, ini bukan sesekali terjadi bahkan setiap hari bahkan berkali-kali, karna perlakuan firman itu membuat rosa juga geer dan tersimpumalu.

Dan balasannya rosa meminta tolong kepada ana untuk memberikan bahwa rosa telah mempunyai rasa kepada firman, dan mungkin pintu hati rosa telah terbuka oleh cinta yang selama ini menunggu didepan pintu hati rosa itu, dan sesekali cinta itu mengetuk-ngetuknya. Dan rosa ingin firman kembali lagi dengan rosa menyerupai yang dulu pernah ia rasakan, dan sekarang rosa gres yakin bahwa firman lah cinta sejatinya karna begitu banyak pria yang mendekatinya tidak menyerupai firman yang pendiam, pemurah dan pemaaf,baik hatinya, dan selalu berpegang teguh pada cintanya. Kemudian ana pun menyamipaikan hal tersebut kepada firman,    dan alangkah bahagianya firman  mendengar kabar tersebut,  ternyata pengorbanannya ituh tidak sia-sia, orang yang dicintainya kini sudah membuka pintu hatinya, dan firman pun diijinkan masuk kedalam pintu yang selama ini selalu ia tunggu. Kemudian lantaran malu firman pun menyatakan yang gotong royong kerosa tidak secara eksklusif tetapi melalui telpon kakaknya,

"Kringgggggg,,,” telpon berbunyi.
"Eemmm...  Assalamualaikum rosa"  Dengan gugup firman menyapa
"Emm..  iyah Wa’alaykum salam firman?" Jawab rosa dengan gugup pula.
"Apa kabar rosa,,??" Firman bertanya. 
"Baik ko alhamdulillah,  kalo firman bagaimana?" Rosa pun bertanya.
"Emmm alhamdulillah baik juga???" Jawab firman.
"Oh bagus deh, ngomong-ngomong ada apah menelpon?" Tanya rosa.
"Eeemmm anu rosss,.." Firman  yang tidak mampu menahan gugupnya.
"Hehe kenapah firman ko gugup gituh sih?" Jawab rosa dengan curiganya.
"Emmm inih ros saya dengar kabar dari ana, kata beliau kau sudah bener suka sama aku, dan mau lagi kembali sama saya menyerupai dulu?" Tanya firman dengan malu malu.
"Emmm apah? Bener ana bilang menyerupai itu man? Enggak ko man saya tidak bicara begituh, ituh bohong man jangan percaya sama ana!" Jawab rosa dengan kagetnya.         
"Ohhh, kirain betul kalih. Sebenernya saya juga gak percaya sih sama omongan dia, makanya saya tanya terus terperinci sama kamu!" Kata firman yang kaget dan lemas karna ternyata ituh bohong.
"Hehe engga ko man, saya yang bohong sama kamu, semua yang dibilang ana itu semua benar, saya yang menyuruhnya bilang itu sama kamu!!!" Kata rosa yang berterus terang.
"Haha    ja,, ja,, jadi bener ros  ka,,ka,,kamu mau,,,  mau kembali lagi sama aku,,,???" Firman yang kembali gugup.
"Hehe iiiiyaah firman, AKU MAU…..!!!!" Jawab rosa dengan senyum manis malu malu.

Alangkah bahagianya firman, Akhirnya dengan hati yang senang mereka pun melanjutkan perbincangannya hingga larut malam dan hingga rosa mengantuk dan ingin menyudahkan dulu perbincangan itu rosa pun meminta ijin untuk tidur dan pada hari itu firman pun pertama kali mendapat ucapan dari kekasihnya yaitu “SELAMAT MALAM KEKASIH KU,SEMOGA BERMIMPI INDAH”….  Dan firman pun balik mengucapkan kata tersebut… “SELAMAT MALAM KEKASIHKU,SEMOGA BERMIMPI INDAH”…   Itulah kata yang pertama kali diucapkan pula oleh firman kepada seorang wanita….
Kemudian karna mereka masih saling merasa malu sama malu, mereka masih saja belum mampu mengobrol,bertatap muka,bercanda,berdekatan bersama. Mereka hanya saling memandang satu sama lain dari kejauhan didalam kelas pun hanya memandang dari kejauhan menyerupai dahulunya, dan sesekali ketika firman memandang rosa tetapi rosa tidak memandangnya balik, Meskipun begitu firman pun terus memandanginya hingga rosa balik memandangnya, hingga balasannya rosa pun membalas memandangnya dan tidak menyerupai dahulu firman membuang pandangannya itu karna malu,melainkan firman pun tetap memandangnya hingga mereka berdua tersenyum bersama-sama dan  sesekali menundukan kepala dengan senyuman itu dan kembali memandanginya,,,, dan alangkah bahagianya mereka.
Dan balasannya mereka selalu bersama dan bahagia karna hidup dalam kebersamaan cinta…….

TAMAT.

Pesan untuk pembaca: pertahankanlah terus rasa cintamu, tetaplah teguh memegang cintamu, walau seseorang yang kau cintai tidak berbalik mencintaimu tapi yakinlah, dari sejuta kemungkinan kau pasti mendapat satu kemungkinan itu. Dan jangan berfikir ini dongeng karangan, ini kisah nyata. Dan pengaranglah yang mengalaminya itu

Terimakasih.

Profil penulis:
nama; nasrullah ulumuddin
umur; 19 tahun
pekerjaaan: pejaga toko
alamat; jl,kh hasym ashari rt03/02 kel,kenanga,kec,cipondoh.tangerang
facebook: nasrullah ulumuddin 
email facebook: ulum.poenyagaya@yahoo.com

Previous
Next Post »